Menikmati Rujak Corek Kuliner Yang Unik Khas Pamekasan Madura

Rujak Corek Khas Madura

Cita Rasa Gurih Petis Ikan dan Rasa Pedas yang Menggigit. Rujak merupakan salah satu makanan pedas yang banyak terdapat di Indonesia. Begitu juga di Madura, makanan pedas ini sangat digandrungi oleh hampir semua orang. Diantara banyak macam dan sajian rujak di Madura, terdapat rujak yang disajikan dengan cukup unik. Adalah Rujak Corek, Rujak ini biasa ditemui di daerah Pamekasan dan Sumenep, Madura.

Rujak diartikan sebagai makanan dari bahan petis ikan khas madura, garam, gula, cabai, kacang tanah, dan air. Semuanya diulek hingga menjadi bumbu kemudian ditambahkan berbagai bahan tambahan seperti tempo (lontong), kerepek tette, tahu, timun, kangkung, dan lainnya. Sedangkan kata corek diambil dari Bahasa Madura yaitu mengorek-ngorek.

Namun Rujak Corek sedikit berbeda. Bumbu yang digunakan tidak boleh ada air, boleh menggunakan kacang atau tanpa kacang. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Madura memiliki ciri khas bumbu yang belum tentu sama. Ada yang menggunakan kacang, ada juga yang tidak. Ada yang menggunakan petis ikan ada juga yang mencampurkan buah asam pada bumbunya.

Sedangkan bahan pelengkapnya hanyalah timun yang dikorek bagian dalamnya dan di ulek bersama bumbun petis hingga menjadi bumbu rujak yang menggiurkan. Bumbu yang telah jadi dimasukkan ke dalam timun yang telah dikorek untuk menggantikan isinya dan Rujak Corek siap disantap. Setiap kali menggigit mentimun tersebut terdapat bumbu yang keluar atau meleleh. Inilah yang menjadikan Rujak Corek memiliki sensasi tersendiri bagi yang menikmatinya.

Cita rasa gurih dari petis ikan dan rasa pedas yang menggigit ke mulut membuat Rujak Corek ini menjadi makanan yang cocok dimakan di sore hari. Banyak dari masyarakat baik yang kecil maupun dewasa menyukai Rujak Corek ini, jika bumbunya habis, maka anda tinggal minta lagi sama penjualnya.

Satu lagi yang bikin ketagihan makan Rujak Corek ini, selain merasakan sensasi seperti makan es krim, anda juga tidak harus mengeluarkan uang banyak, karena satu porsinya cuma 2.000 rupiah. Rujak Corek kini sudah jarang ditemui karena seiring berjalannya waktu, namun di beberapa tempat di Pamekasan, anda masih bisa menemuinya.

Source Pegimakan.id https://ksmtour.com
Comments
Loading...