Rujak Teplak Kuliner Unik Nan Pedas Khas Kota Tegal

Orang Jawa bagian mana yang tak kenal rujak, dari ujung barat hingga ujung timur pasti semua tahu hidangan nuansa pedesaan yang satu ini. Kuliner Kota Tegal memiliki ragam dan cita rasa yang berbeda-beda, bahkan jenis dan namanya pun memiliki kekhasan yang membuat penasaran namanya Rujak Teplak Bu Kapsah.

Rujak Teplak ini, terbuat dari beberapa jenis sayur mayur seperti kangkung, lembayung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang, pare, dan timun yang direbus. Terkadang, tahu putih dan tahu aci turut serta. Ada kalanya sambal jingga ini berkolaborasi dengan parutan kelapa tua. Sebenarnya Rujak Teplak lebih mirip pecel daripada rujak. Ini karena bahan utama yang digunakan adalah aneka jenis sayur – sayuran.

Penyajian Rujak Teplak dibungkus dengan daun pisang dengan cara di pincuk atau di takir sesuai selera, letakkan sayuran yang sudah direbus, siram dengan sambal gaul.

Seperti halnya pecel Madiun dan pecel semanggi, rujak teplak pun punya sahabat karib. Rempeyek kacang adalah sahabat karib pecel madiun, sedangkan pecel semanggi punya kerupuk uli. Rujak Teplak tak mau kalah. Ia punya dua sahabat karib: anthor dan kerupuk kuning yang digoreng dengan pasir. Anthor adalah kerupuk kecil yang dibumbui parutan kelapa kering.

Harga satu pincuk Rujak Teplak cukup murah, biasanya sekitar Rp 2000. Rujak Teplak Bu Kapsah Jl. Letjen. Suprapto No.77-89, Kraton, Kota Tegal. Rujak Teplak Bu Kapsah ini buka dari jam 08.00 sampai jam 14.00.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Rujak Teplak dari Emak Rujak Teplak
Comments
Loading...