Rumah Makan Cikawao Selera Sunda Asli

Rumah Makan Cikawao

Makanan Sunda salah satu ragam kuliner nusantara yang memiliki banyak penggemar. Dengan cita rasa yang sederhana tanpa banyak bumbu dan pengolahan praktis, masakan Sunda cocok di lidah siapa saja. Sajian khas daerah Jawa Barat ini banyak disukai karena memiliki rasa gurih yang nikmat, manis legit, asam, dan pedas.

Rumah Makan Cikawao adalah salah satu spesialis masakan Sunda terbaik di Bandung yang layak untuk dicoba. Sebetulnya restoran ini sudah sangat populer, apalagi di tengah masyarakat Parijs van Java. Keberadaannya sudah dikenal sejak tahun 1950-an dan saat ini pengelolaannya sudah sampai di generasi ketiga. Tempatnya tidaklah seberapa besar menempati sebuah bangunan tempo dulu di Jalan Cikawao No. 7. Di dalamnya terdapat beberapa bangku dan kursi kayu panjang, etalase kaca tempat masakan tersimpan, dan meja kasir yang dipenuhi jajanan. Konsepnya seperti rumah makan padang, makanan akan disajikan prasmanan di atas meja saat pelanggan datang, kecuali ayam yang akan digoreng dadakan ketika dipesan. Jika makanan sudah dingin, pengunjung bisa meminta pelayan untuk menghangatkannya kembali. Waktu makan siang adalah peak hour dari restoran ini.

Selain menu standar makanan khas Sunda, Rumah Makan Cikawao masih menyajikan makanan baheula alias tempo dulu, seperti semur dan goreng jengkol, karedok leunca, serta cobek genjer. Banyak masyarakat lokal setuju bahwa jengkol R.M. Cikawao ini adalah paling juara se-Bandung. Tak heran jika selepas makan siang, menu tersebut sudah raib dari etalase.

Selain itu ayam goreng kampungnya juga lezat, bumbu kuningnya begitu meresap, menghasilkan rasa gurih sempurna, dan dagingnya pun empuk. Cobek genjernya memiliki rasa manis, gurih, dan pedas oncom bercampur sempurna dengan tekstur daun genjer yang kenyal lagi crunchy. Makanan yang dipesan akan ditemani tiga sambel andalan, yaitu sambel dadak, sambel terasi, dan sambel oncom. Sambel dadak dan sambel terasinya juga pantas mendapat acungan jempol. Ramainya rumah makan ini tak lepas dari keberhasilan sang pengelola dalam mempertahankan resep nenek moyang yang betul-betul menonjolkan karakter kesundaanya.

Hasil gambar untuk Rumah Makan Cikawao

Bersantap di Rumah Makan Cikawao Anda harus siap merogoh kocek cukup dalam, yaitu berkisar Rp. 30.000 – Rp. 50.000. Rumah makan ini beroperasi setiap hari, pukul 10.00 – 16.00. Tempatnya terletak di sebelah toko Brownies Amanda belokan Cikawao dari arah Jalan Lengkong Kecil. Tempat ini bisa dicapai menggunakan angkot rute Elang – Cicadas (warna merah) atau Kebon Kalapa – Buah Batu (biru tua) dan Anda turun langsung di depan restoran. Alternatif lain adalah angkot Dago – Kebon Kalapa (hijau, oranye), Ledeng – Kebon Kalapa (hijau, biru muda), atau Sukajadi – Kebon Kalapa (biru) kemudian berhenti di depan Jalan Cikawao dan lanjutkan berjalan kaki.

Hasil gambar untuk Rumah Makan Cikawao

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/rumah-makan-cikawao-selera-sunda-asli/
Comments
Loading...