Rumah Makan Dedes, Menu Masakan Laut Enak di Maluku

Rumah Makan Dedes

Sesuai dengan topografi kota Ambon yang berada di sekitar teluk Ambon, maka benar bahwa makanan laut adalah menu yang harus anda coba dan nikmati apabila anda berada di kota Ambon. Harga masakan laut termasuk wajar dengan rasa yang enak dan ikan yang masih segar.

Salah satu restoran yang direkomendasi oleh warga lokal adalah restoran Dedesyang terletak di dalam kota Ambon, sehingga anda tinggal bertanya kepada pengemudi becak maka anda bisa ditunjukkan lokasi restoran ini. Kekhasan sambal dan sayuran yang menyertainya menjadikan masakan laut restoran ini berbeda dengan di tempat lainnya. Ikan bakar, merupakan salah satu menu andalan tempat ini.

Ikan yang digunakan adalah ikan bubara yang memang banyak ditemukan di perairan Pulau Ambon. Diberi bumbu sedikit pedas, disajikan dengan sambal colo-colo, sambal yang mempunyai cita rasa asam yang kuat yang dihasilkan dari jeruk cina. Ada juga pilihan sambal terasi dan sambal petis yang sebenarnya bumbu dari otak-otak.

Harga untuk ikan bakar ini sekitar Rp. 25.000/ekor. Kemudian colo-colo disajikan sebagai makanan pelengkap yang ditambahkan pada ikan bakar atau makanan utama lainnya, seperti ikan bubara atau ikan baronang. Layaknya makanan pelengkap, colo-colo diciptakan untuk semakin menggugah rasa bersantap anda. Tomat hijau kemerahan dirajang bersamaan dengan taburan cabai merah dan bawang. Curahan air jeruk plus kemangi melengkapi kesempurnaan sebuah masakan pelengkap seperti colo-colo. Tempatkan di tengah piring anda papeda, sagu yang menjadi makanan utama di Maluku dan sebagian Papua dan Papua Barat, atau soami, yang coklat atau yang putih.

Tapi anda bisa memesan nasi saja. Oh iya, di RM Dedes’ ini, ikannya diolah di tempat, dan kita bisa memilih ikannya sebelum kita memilih tempat duduk kita sendiri. Asikk……Ada beragam ikan, mulai ikan bandeng, barunang, garopa, titang,caca, sikuda, kakap, gori, dari yang ukurannya sedang sampai yang ekstra besar, dari yang berwarna biasa, sampai yang merah dan bertotol-totol macan.

Menu andalan RM Dedes’ yakni sup ikan kuah kuning, ini nih yang top banget. Aroma kuah yang asam-asam segar berpadu dengan gurihnya daging ikan kakap menjadi favorit disini. Harumnya daun kemangi menambah rangsangan pada indera pengecap kita. Wajib dicoba!!!

Untuk harga tidak perlu merogoh kocek lebih dalam, cukup dengan Rp. 35 ribu/kg maka ikan kuah bening akan tersaji di meja anda. Selain itu RM dedes menyediakan cah bunga pepaya, menu yang ini tentunya sulit didapat di tempat lain.

Bunga pepaya ternyata bisa diolah menjadi makanan pendamping yang lezat. Tapi buat yang tidak suka rasa pahit mungkin agak menghindari menu ini, rasa pahit memang masih lekat pada menu ini. Tapi buat ibu-ibu mungkin menu ini yang paling dicari. Harga sekitar Rp. 20.000/porsi. Menyuap nasi beserta lauk pauk memang paling nikmat tanpa sendok dan garpu.

Terlebih ketika jemari mencocol sambal yang terburai di atas nasi hangat yang masih mengepul…. Sambal colo-colo, meskipun terlihat pedas , tetapi ternyata tidak menyengat di lidah. Sambal yang dirajang dengan campuran bawang itu malah menambah selera makan. campur sana campur sini, bikin air liur netes-netes terus. Apalagi kalau dicampur dengan daging ikan atau cumi tepung yang sudah tersedia di meja.

Sehat bergizi dan pooolll. Sedangkan untuk menghilangkan dahaga, disediakan sekitar 24 jenis minuman. Minuman yang menjadi khas dari RM Dedes’ adalah jus gandaria, sangat disayangkan saat bila belum musimnya kalian tidak bisa memesannya dikarenakan , “gandaria hanya tersedia pada bulan Februari sampai Juni saja,’jelasnya.

Si empunya rumah makan ini mengatakan bahwa, kelebihan restoran yang dimilikinya dibandingkan dengan rumah makan lainnya, yakni menu RM bu dedes’ lebih variatif serta harga lebih terjangkau. Dibandingkan dengan rumah makan sejenis yang banyak dijumpai di Ambon RM Dedes terbilang cukup murah, “bayangkan saja untuk menu yang sejenis di RM lainnya untuk ikan bakar mencatok harga Rp40 rib/kg sedangkan di RM Dedes hanya cukup merogoh kocek sebesar 25 – 30 ribu,ungkapnya”.

RM Dedes mempunyai motto “Biarpun harganya murah, rasanya tidak murahan”, Selain itu Dedes juga menjaga kebersihan dengan ketat.

“Dua hal itu yang terus kami jaga,” ujarnya.
Lebih lanjut dedes mengatakan bahwa,bahan-bahan santap lezat itu yang diambil secaralangsung dari nelayan yang habis pulang melautdari laut Ambon yang terkenal dengan kekayaan hasil laut yang melimpah.

“ Ikan yang kami sediakan merupakan ikan segar hasil tangkapan nelayan, setiap harinya ikan itu kami ganti untuk menjaga dan mempertahankan kualitas makanan kami,” jelasnya.

“Restoran tersebut, bagi penyuka makanan laut, sangat kondang. Selain para pejabat di Ambon yang kerap mampir, acapkali pejabat tinggi negara dari Jakarta yang ke Ambon biasanya menyempatkan diri untuk mampir di tempat itu. “AkbarTandjungselalu menyempatkan diri untuk mampir disini selain itu seperti ,Agung Laksono, Amin Rais, Gamawan Fauzi juga pernah berkunjung kesini,”ungkapnya.”

Si empunya mengatakan bahwa rumah makan ini mulai buka dari jam 09.00- 22.00, kemudian untuk melayani para tamu, rumah makan ini memperkerjakan karyawan sebanyak 6 orang. Restaurant Dede’sterletak di jalan Said Perintis yang merupakan tempat ternama untuk ikan bakar bercita rasa khas Ambon. Kelezatannya telah membuat tempat ini begitu padat di jam-jam tertentu. Setelah jauhnya perjalanan anda ke Ambon, tidak selayaknya anda melewatkan yang satu ini.

Source pegimakan.id www.kompasiana.com
Comments
Loading...