Rumah Makan ‘Di blank’ Sajikan Kuliner Khas Aceh Besar

Rumah Makan ‘Di blank’ Sajikan Kuliner Khas Aceh Besar

Kuliner yang ada di Aceh Besar memiliki kekhasan tersendiri dan banyak digemari. Tak heran, kabupaten yang menjadi pintu masuk ke ibukota provinsi, Banda Aceh tersebut mewarisi khazanah kuliner yang terjaga keasliannya hingga kini. Citarasa kuat yang didapat dari racikan bumbu dan rempah menjadi ciri khas yang dipertahankan sekaligus menjadi daya jual utama. Selain itu atmosfer rumah makan bersuasana kampung dengan pemandangan yang langsung menghadap ke hamparan sawah membuat pengunjung betah berlama-lama.

Rumah makan ‘di blank’ baru berumur lima bulan. Namun sudah mencuri perhatian penikmat kuliner dan belakangan masuk daftar tempat makan yang ‘wajib’ dicoba. Blank dalam Bahasa Inggris bermakna kosong sedang jika dibaca dalam aksen lokal bermakna sawah. Dua buah kuali besar di atas perapian kayu mengepulkan wangi kari.

Harum kari (kuah beulangong) itu berasal dari racikan aneka bumbu dan rempah dan terasa istimewa karena kelezatannya tidak memakai santan seperti lazimnya kuah kari, melainkan menggunakan kelapa gonseng.

Sementara di sudut lain dua wajan tertutup yang terbuat dari tanah liat menebarkan wangi kari dan gulai ayam bercampur nangka. Menu andalan lainnya yaitu ayam goreng yang disajikan panas-panas dan bertabur daun temuru dan pandan. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda sehingga daging ayamnya terasa namun teksturnya tidak alot. Menu pelengkapnya berupa anyang, bunga pepaya yang direbus dan dicampur dengan kelapa gonseng, kelapa mengkal, dan kacang tanah yang dihaluskan.

Coba juga keumamah, yaitu ikan tongkol yang sudah dikeringkan dan dimasak dengan cara ditumis kering. Asam udang hadir dengan rasa pedas asam yang khas. Kuliner Aceh menggunakan asam sunti sebagai bumbu wajib dalam semua masakan. Asam sunti terbuat dari buah belimbing yang dikeringkan dengan cara dijemur dan digarami berhari-hari. Menghasilkan citarasa asam yang kuat. Seporsi ayam goreng kampung dihargai Rp. 60 ribu. Sementara kuah kari dilepas Rp. 25 ribu saja per porsinya.

Tempat ini juga menerima pesanan yang dibanderol Rp. 30 ribu sampai Rp. 35 ribu per prosi. Dalam sehari tempat ini bisa menghabiskan 70 ekor ayam ditambah 10 Kg daging kambing dan 3 Kg daging sapi.

Ruman makan Di Blank berlokasi di Jalan Kereta Api Lama Desa Santan Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Persisnya di belakang penjara Lambaro.

Source http://www.tribunnews.com/travel http://www.tribunnews.com/travel/2015/08/29/rumah-makan-di-blank-sajikan-kuliner-khas-aceh-besar-dengan-pemandangan-sawah-nan-hijau?page=3
Comments
Loading...