Rumah Makan Duta Ngawi, Tempat Kuliner Dan Peristirahatan Bus

Rumah Makan Duta Ngawi merupakan salah satu pemberhentian bus malam dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di daerah Ngawi Jawa Timur.

Bangunan rumah makan yang besar dan parkir bus yang luas menjadi alasan perusahaan otobus memilih tempat ini untuk pemberhentian atau istirahat penumpang bus. Beberapa perusahaan otobus yang menjalin kerjasama dengan rumah makan ini adalah bus dengan trayek Yogyakarta-Solo-Surabaya hingga Yogyakarta-Denpasar.

Lokasi Rumah Makan Duta Ngawi berada di tepi jalan utama penghubung antara Solo dengan Surabaya atau Jalan Lintas Tengah Pulau Jawa di daerah Ngawi.

Dari kejauhan bangunan rumah makan ini terlihat mencolok karena ukurannya cukup besar dan berderet. Selain itu disekitar rumah makan tersebut masih berupa area persawahan dan jarang ditemukan bangunan rumah. Area parkir Rumah Makan Duta Ngawi cukup luas dan mampu menampung hingga puluhan kendaraan bus besar. Memasuki jam-jam makan biasanya tampak beberapa bus yang terparkir di rumah makan tersebut.

Penumpang bus malam yang memasuki bangunan Rumah Makan Duta Ngawi langsung disambut oleh pelayan rumah makan. Penumpang bus malam langsung diarahkan menuju ruangan yang khusus disediakan untuk penumpang bus dari perusahaan otobus tersebut. Ada beberapa ruangan di Rumah Makan Duta Ngawi yang disediakan khusus untuk perusahaan otobus yang menjalin kerjasama dengan rumah makan ini. Masing-masing ruangan tidak terlihat berbeda dan yang membedakan adalah luas ruangan yang disesuaikan berapa banyak penumpang bus yang berhenti di rumah makan tersebut.

Penumpang bus malam yang akan mengambil atau menggunakan jatah atau kupon makan gratis dari bus yang mereka tumpangi dipersilakan mendatangi loket makan. Sebelum mengambil jatah makan dari kupon makan gratis, penumpang bus dipersilakan berbaris antri terlebih dahulu. Pelayan Rumah Makan Duta Ngawi akan menyobek kupon makan yang berada dalam tiket bus penumpang. Selanjutnya penumpang bus dipersilakan mengambil makan sendiri atau prasmanan di tempat yang telah disediakan.

Pilihan menu makanan yang disediakan oleh Rumah Makan Duta Ngawi untuk penumpang bus malam cukup terbatas. Beberapa jenis masakan yang tersedia antara lain bakmi goreng, capcay sayur, oseng-oseng tempura, sambal, dan lalapan. Nyaris tidak ada lauk dalam menu makanan yang tersedia. Minuman yang disediakan hanya berupa teh panas manis dan air putih saja. Namun jumlah pengambilan menu makanan oleh penumpang tidak dibatasi. Rasa masakan yang disajikan oleh Rumah Makan Duta Ngawi terkesan biasa namun tidak terlalu buruk. Cukup untuk mengenyangkan isi perut penumpang yang kelaparan dan tentu saja penumpang tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli makanan.

Berdasarkan pengalaman menggunakan transportasi bus yang mampir di Rumah Makan Duta Ngawi, jenis makanan yang disajikan untuk penumpang bus nyaris tidak ada perbedaan. Beberapa kali mampir di rumah makan ini, menu makanan yang disajikan selalu sama walaupun bus yang ditumpangi berbeda. Entah itu hal yang kebetulan atau tidak namun menu makanan yang monoton akan membuat orang menjadi bosan. Hal ini sekiranya menjadi koreksi kepada pengelola rumah makan. Selain itu, kualitas rasa dalam masakan pun harus diperbaiki agar penumpang puas dalam menikmati masakan dan tidak sekedar mengenyangkan perut saja.

Source Pegimakan.id https://teamtouring.net/rumah-makan-duta-ngawi.html
Comments
Loading...