Rumah Makan Lesehan Saung Teko , Tempat Kuliner di Sumedang

Rumah makan Saung Teko meramaikan dunia wisata kuliner khususnya di wilayah Sumedang. Rumah makan yang mulai beroperasi pada tahun 2013 ini menyajikan makanan dengan konsep berbeda.

Sumedang memang belum menjadi tujuan wisata kuliner seperti Bandung. Tapi dengan hadirnya rumah makan baru di Jalan Raya Cimayor-Cimalaka bisa dijadikan sebagai pengalaman baru berkuliner di kota tahu ini.

Namanya Saung Teko. Nama yang diambil dari salah satu perabotan dapur ini sama sekali bukan karena ikut-ikutan tren saat ini, ketika beberapa rumah makan menyantumkan nama perabot dapur sebagai nama rumah makannya.

Nama teko diambil karena ketika hendak mendirikan rumah makan ini, pemiliknya Robby Indra Gunawan, melihat bentuk tanah pada sertifikat menyerupai sebuah teko. Jadinya, nama Saung Teko dipilih untuk usaha yang menjadi cabang dari Rumah Makan Soto Bandung.

“Karena gambar tanah pada sertifikat tanahnya berbentuk teko jadi kami coba beri nama Saung Teko,” kata Robby.

Robby yang juga gemar memasak ini mencoba meramu dan menyajikan makanan dengan konsep berbeda. Alhasil, setiap pengunjung yang datang, bisa mendapatkan pengamana berkuliner yang berbeda.

“Makanannya memang hampir sama dengan menu makan di rumah makan lain dan di RM Soto Bandung sendiri, tapi karena dibuat dengan koki berbeda dan penyajian yang khas, maka pengalaman santap makanan atau berkulinernya pun beda, lebih seru,” tandas Robby.

Menu makanan seperti iga bakar, ayam capit bambu, nasi liwet, tumis genjer, dan tumis kangkung adalah makanan yang diolah dan diracik dengan resep tertentu. “Intinya dari variasi bumbu yang berbeda jadi suatu makanan yang rasanya itu unik, beda dari biasanya,” kata Robby.

Meski tidak tampil dengan bangunan saung, tapi berupa bangunan permanen, tempat makan di meja dan lesehan menambah suasana asri dan ‘nyunda’. Saung Teko dibuka dua minggu sebelum lebaran. Hingga sekarang, peminatnya terus berdatangan.

Beragam bentuk teko dari berbagai ukuran yang dibuat dari tanah liat Purwakarta menambah cantik rumah makan ini.

Walaupun merupakan cabang Rumah Makan Soto Bandung, namun ramuan dan sajian makanan di Saung Teko ini berbeda. Sehingga jika pengunjung yang datang ke Saung Teko akan mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang berbeda pula. Jika penilik makanannya memang sama dengan menu makanan di rumah makan lain atau di RM Soto Bandung, tapi karena dibuat oleh koki berbeda dan penyajian yang khas, maka pengalaman menyantap makanan di Saung Teko akan berbeda.

Meski tampil berupa bangunan permanen, tempat makan di meja dan lesehan menambah suasana asri dan ‘nyunda’. Beragam bentuk teko dari berbagai ukuran yang dibuat dari tanah liat Purwakarta menambah cantik rumah makan Saung Teko.

Alamat  : Jl. Raya Cimuja, Cimuja, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45353

Buka

08.00-22.00

Source Pegimakan.id Sumedangtandang.com
Comments
Loading...