Rumah Makan Sahara, Menu Masakan Wajib Dicoba Kuliner Pontianak

Wisata kuliner menjadi primadona pariwisata Kalimantan Barat saat ini selain objek wisata Kalimantan Barat. Banyak sekali festival kuliner yang di helat di Pontianak dan terkoneksi dengan festival budaya menjadi jejaring wisata Kalimantan Barat yang ampuh untuk menggaet wisatawan dari luar.

Baru saja di adakan festival kuliner sembari memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) menggoreng pisang terbanyak di Indonesia dan festival kuliner dalam rangka Cap Go Meh. Apalagi Pontianak saat ini ingin berbenah diri menjadi salah satu destinasi wisata kuliner halal di Indonesia.

Tidak salah rasanya saya memperkenalkan potensi wisata kuliner sebagai keunggulan pariwisata masa depan di Kalimantan Barat di mana Pontianak sebagai pintu masuknya.

Bertandang ke Pontianak artinya kita harus siap mengusap perut karena kekenyangan. Mengosongkan perut sebelum menjejak di Kota Pontianak sangat penting karena terlalu banyak kuliner sedap yang jadi ciri khas serta sayang untuk dilewatkan. Butuh waktu lebih dari satu hari untuk bisa mencicipi satu persatu kuliner khas yang sudah berasimilasi dengan budaya lokal. Terlalu banyak yang bisa dipilih sehingga terkadang harus berdebat, apa dulu yang harus di coba agar tidak kekenyangan di tengah jalan

Jika jam makan siang sudah tiba, saya bisa menyarankan dua pilihan diantara puluhan pilihan tempat makan siang di Pontianak yang menyajikan makanan lokal. Coba lah menuju Jalan Tanjungpura no 81 dan temukan Rumah Makan Sahara yang sudah berdiri puluhan tahun dan sudah dijalankan generasi ke tiga.

Makanan bernuansa Melayu yang berasimilasi dengan Arab dan India bisa jadi pilihan. Coba saja kari kambing, ayam kampung goreng, paceri nanas serta dalca. Paceri sendiri adalah sejenis sayuran berbumbu mirip gulai namun tidak menggunakan santan, hanya kelapa sangrai.

Untuk isiannya boleh memilih nenas atau terung. Lain lagi dengan dalca yang merupakan makanan dari Keraton Kesultanan Kadariah yang merupakan makanan India. Bumbu gulai digunakan untuk sayuran seperti kacang panjang, kubis, terung dan wortel lalu kemudian kuahnya dikentalkan dengan kacang hijau. Jika di Pontianak dikentalkan dengan kacang hijau, di India.

 

Source pegimakan Rm Sahara
Comments
Loading...