Rumah Makan Tanjung Hijrah Tempat Kuliner Melegenda di Balikpapan

Rumah makan Tanjung Hijrah. Itu nama rumah makan yang sudah cukup lama legend di kota Balikpapan ini. Dulu rumah makan ini berlokasi di daerah pelabuhan semayang. Dan sekarang rumah makan ini sudah pindah ke Jl. Tanjungpura I , Kawasan kuliner kantor pos, tepatnya pas di belakang kantor PT. Inhutani.

Sejak itu namanya Jadi ditambahin “Hijrah” dibelakangnya.. Semua jenis menu olahan dari daging kambing disini juara!!! Sate kambing walaupun dibakar hasilnya tetap masih empuk dan tidak terlalu kering dan keras demikian pula dengan sate ayamnya, tetep juicy. Untuk sambal kecap dan sambal kacangnya dikasih bumbu special yang pas banget, jadi menyatu banget sama para sate tadi .

Nah kalau bulan puasa atau untuk acara kantor mendingan telephone dulu untuk pesan, karena bisa lama nunggu hasil bakaran sate nya jadi.

Rumah makan Tanjung Hijrah ini sudah terkenal dengan menu-menu nya yang berbahan daging kambing. Sate kambing, Gulai kambing, Tongseng kambing dan Nasi goreng kambing merupakan menu andalan disini. Selain daging kambing, disini juga menyediakan menu sate ayam, tongseng ayam dan nasi goreng ayam. Tapi IMHO, rumah makan tanjung hijrah ini lebih memfokuskan di menu daging kambing.

Tempat nya nyaman banget, parkiran mobil pun cukup luas. Selain bersih, rumah makan ini juga menyediakan tempat sholat untuk yang muslim. Gak banyak loh tempat kuliner yang menyiapkan fasilitas tempat ibadah.

Sate Kambing

Sate kambing, gulai kambing, dan 2 menu terbaru Sop kaki kambing dan Krengsengan.Krengsengan ini yang menggugah selera.

Rasa sate kaambing nya ENAK!! EMPUK!! Dan tidak berlemak,kkarena lemaknya sudah dipisahin.

Krengseng nya pedas!!! Makanan khas jawa timur ini sejatinya menggunakan petis dan kecap manis yang bertujuan memberikan rasa legit untuk menutupi aroma daging kambing. Tapi entah mengapa rasa petis krengsengan di sini tidak terlalu kuat tapi aroma daging kambing nya juga tetap tertutup.

Krengsengan

pedas dan manisnya berasa sekali. Gurih, manis dan pedas mendominasi makanan satu ini, di guyur kuah yang gak terlalu banyak dan bawang goreng menambah kuat rasa dari krengsengan ini.  Secara tampilan, kurang lebih mirip tongseng. Tapi tongseng biasanya lebih berkuah dan pemakaian sayurannya lebih banyak, sedangkan krengsengan lebih mengutamakan pedas dan kekentalan dari kecapnya.

Alamat : Jalan Tanjung Pura 1, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Buka

10.00-21.45

Source Pegimakan.id Prokalbalikpapan.com
Comments
Loading...