Rumah Makan Tradisional Khas Kampung Tahu Kuliner Sumedang

Kampung Tahu

Sebuah warung nasi yang menyajikan berbagai keunikan, mulai dari keragaman menu ala Sunda dan nusantara juga dengan cara sajian yang kerap masih menggunakan alat alat makan tradisional. Semenjak berdiri di tahun 2011 Kampung Tahu terus berbenah, tercatat sudah tiga kali melakukan renovasi sampai hari ini, ujar Asep Nandang, Supervisor Kampung Tahu. Kami pun berbenah bukan hanya secara fisik bangunan saja, namun manajemen, konsep serta ide marketing yang terus digenjot sampai sekarang,” Andi Alvin menambahkan.

Kampung tahu sejak awal Februari tahun 2014 mulai menggunakan konsep menu parasmanan dengan menambahkan beberapa menu andalan baru khas nusantara, seperti Sop Iga, Soto Bandung, Ayam Betutu, Ayam Taliwang, Ayam Fillet, Iga Bakar, Rendang, Bistik, serta yang paling jadi incaran pelanggan sekarang adalah sensasi Ayam Goreng Kremesnya yang diberi nama Ayam Beungkeut.`Semenjak berbenah dengan konsep baru diakui Asep, Kampung tahu mengalami peningkatan pendapatan (omzet) harian maupun bulanan.

Mungkin pelanggan sekarang banyak dihadapkan dengan pilihan menu yang beraneka ragam setiap harinya, ini membuat pelanggan tidak bosan, kalaupun harus berkunjung setiap hari. Total menu yang kami siapkan diatas 40 menu, ujar Andi Alvin, Keuangan Kampung Tahu. Mengenai menu jagoan, Asep dan Andi kompak mengatakan menu paling favorite disini adalah Sop Gurame, Gurame Bakar serta Iga Bakar. Tidak ketinggalan juga yang ngetrend sekarang ya Ayam Beungkeut-nya, ujarnya menambahkan.

Asal nama Kampung Tahu

Kampung Tahu yang merupakan bagian dari kelompok Bisnis Cihogroup (Cinemaholic) adalah hasil inovasi kreatif dari sang pemilik yang juga pengusaha muda Hendra Ciho bersama istrinya dr.Vivi Vherliant. Meski berlatar pendidikan yang bertolak belakang, pemuda kreatif ini menyukai hal hal yang berbau inovasi dan tidak segan untuk turun langsung sebagai Juru Masak dan langsung melayani pelanggannya.

Menoleh ke belakang Asal Mula Kampung Tahu, Berawal ketika sang owner, Hendra dipercaya menjadi EO dari sebuah acara demo masak dan seminar bisnis kuliner di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta pada Januari – Juni 2011, karena sering menyimak paparan dari narasumber acara, akhirnya ia tergerak dalam bisnis kuliner, Dengan dukungan dari keluarga besar yang memang telah menjalankan bisnis kuliner sejak tahun 1960 semakin menambah keyakinan Hendra untuk menjalankan usaha Kuliner. Saat itu modal hanya Rp.10 juta, dengan luas tanah 80 m2, namun seiring berkembangnya usaha yang ia jalankan, kini berkembang menjadi ratusan juta dan luas lahan bertambah menjadi 1246 m2.

Nama ‘Kampung Tahu’ sebenarnya bukan hanya karena nama besar kota Sumedang yang terkenal dengan tahunya yang renyah, namun kerena lokasi yang bertepatan dengan banyaknya sentra pabrik Tahu. Mayoritas masyarakat daerah tempat warung nasi kami banyak berprofesi sebagai pengusaha tahu, baik dari luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatera, Lampung semua berasal dari desa ini sehingga Pria kelahiran Bandung 9 April 1988 ini menamakan warung nasinya dengan “Kampung
Tahu”.

Manajemen Inovasi

Perusahaan tanpa inovasi bersiap menunggu kehancuran, istilah tersebut rupanya tertanam di benak manajemen Kampung Tahu. Kampung Tahu yang sudah menginjak usia ke 3 tahun terus menciptakan ide ide marketing yang tidak jarang membuat dahi orang mengkerut. Salah satunya belum lama ini, menggelar makan Rp.15.000 sepuasnya, Naik Delman Gratis ke Kampung Tahu, Teropong Bintang, nonton layar tancep film jadul, live music dan yang paling menarik dan banyak dikunjungi pelanggan adalah sensasi makan depan Api Unggun setiap malam minggu. Kami mengklaim di Sumedang satu satunya warung nasi yang menyuguhkan makan depan api unggun diatas tikar.

Ujar Hendra. Selain itu Kampung Tahu juga sering mengadakan Nobar, tayangan tayangan sepakbola, yang dikelola langsung oleh komunitas penggemar Bola. Kampung Tahu memang membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapapun, seperti EO, Tim kretaif,.

Alamat : Rancapurut, Rancamulya, Sumedang Utara, Rancamulya, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45621

Source Pegimakan.id Saungkampungtahu.blogspot.com
Comments
Loading...