Santap Hangat Sop Buntut Warung Harum Sari

Santap Hangat Sop Buntut Warung Harum Sari

Saat dingin malam menyergap kota Bandung, perut kerap terasa lapar. Rasanya makanan berkuah seperti sop buntut mampu menghangatkan badan sekaligus meredakan rasa lapar. Di sekitar kawasan Cikapundung terdapat jajaran warung tenda dan salah satunya penjual sop buntut yang rasanya tak kalah dengan restoran.

Dari banyaknya kios makan kaki lima di samping gedung PLN Sumur Bandung, kedai Harum Sari adalah salah satu yang selalu ramai pengunjung. Usaha sepasang suami istri ini sudah sejak lama berdiri dan bertempat di Jalan Cikapundung Barat. Hingga saat ini kedua pasangan tersebut masih setia melayani para pelanggannya. Sang suami bertugas sebagai koki yang berurusan dengan penggorengan dan pembakaran, sedangkan istrinya meracik aneka kuliner berkuah seperti sop dan soto. Di dalam tenda hanya terdapat empat meja dan bangku panjang, dimana satu shafnya dapat memuat empat hingga lima orang. Tempat kecil itu selalu cepat penuh akibat pengunjung yang ramai. Kedai ini menyajikan beragam makanan serba lezat, dari mulai ayam dan ikan bakar atau goreng, cumi, udang, sate, kangkung, capcay, nasi goreng, hingga sop buntut.

Semua makanan di warung Harum Sari ini memang lezat dan satu menu unggulannya adalah sop buntut. Makanan berbahan daging buntut sapi ini diracik dadakan. Saat pesanan datang si ibu langsung memotong-motong sayuran berupa kentang dan wortel, kemudian daging, dan terakhir disiram dengan kuah panas kental. Tak membutuhkan waktu lama, sop buntut dihidangan panas-panas kehadapan konsumen. Aromanya sungguh harum, porsinya melimpah, potongan daging dan sayurannya pun besar-besar.

Semangkok sop buntut ini disajikan beserta potongan jeruk nipis dan bawang goreng renyah. Di meja sudah tersedia kecap manis dan sambal untuk memperkaya rasa. Sungguh mantap saat disantap dengan sepiring nasi putih yang pulen. Rasa gurihnya pas, rempah-rempah dalam kuah sop terasa dan ampuh menghangatkan badan, dagingnya pun empuk tak sulit dikunyah. Meskipun hanya warung kaki lima tapi rasanya juara. Menu lain yang patut dicoba adalah udang saos padang, pedasnya betul-betul pol. Satu hal yang perlu dimaklumi, saat anda sedang enak makan pengamen tak hentinya datang bergantian.

Satu porsi sop buntut Harum Sari dapat ditebus seharga Rp. 35.000. Warung ini beroperasi setiap Senin hingga Minggu mulai pukul 18.00 – 24.00, tapi tak jarang sebelum tengah malam mereka sudah tutup karena makanan habis. Tempat ini dapat dicapai menggunakan angkot St. Hall yang menuju ke Gede Bage (warna hijau muda). Anda bisa meminta pada Pak Supir untuk diturunkan di Jalan Cikapundung Barat.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/santap-hangat-sop-buntut-warung-harum-sari/
Comments
Loading...