Sate Ambal Dengan Citra Rasa Sendiri Khas Kebumen

Siapa seh yg tidak kenal dengan Sate Ambal? Buat anda yang asli Kebumen atau yang umum bertandang di kota ini tentu sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Sate ayam khas Kebumen yang popular dan legendaris ini bisa pula anda peroleh di luar daerah Kebumen.Sama seperti namanya, sate Ambal datang dari desa Ambalresmi, kecamatan Ambal yang ada di pesisir selatan Kebumen.

Sepintas memang sama dengan sate Madura, namun bumbu yang digunakan sate Ambal ini jauh berbeda.Apabila sate Madura biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan basic bumbunya, lain tentang dengan sate Ambal yang menggunakan sambal tempe untuk bikin citarasa yang unik lewat rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan berbagai rempah yang lain. Terlebih dulu dibakar, daging satenya telah dimasak lebih dahulu sampai perasaan lembut dan gurih. Sate Ambal biasanya disajikan terpisah dari bumbunya, lengkap dengan

potongan lontong atau ketupat. Untuk nikmati rasa sate Ambal yang maknyus top markotop di Kebumen, anda cukup mengeluarkan uang pada 10–15 ribu saja. Murah meriah banget bukan?Sate, kuliner yang biasa terbuat dari daging ini begitu terkenal di Indonesia. Banyak daerah yang menjadikan sate sebagai kuliner khas mereka dengan kekhasan dan keunikan masing-masing.

Di kawasan pesisir selatan Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Kebumen, mungkin sate ambal adalah jenis sate yang paling terkenal. Di Kabupaten ini sate ambal telah menjadi kuliner andalan dan paling khas.Nama ambal sendiri diambil dari nama kecamatan dimana sate ini berasal. Di seantero Kebumen banyak dijumpai warung makan yang menjual sate ini.

Dari sekian banyak warung sate ambal, warung sate Ambal Pak Kasman Asli adalah salah satu yang paling terkenal.Warung ini berada di jalan raya Deandles, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Warung sederhana ini adalah pelopor sate Ambal, karena Kasman adalah cucu dari Samikin yang mencipatakan sate Ambal.Tidak terlalu sulit menemukan warung sate Pak Kasman ini, letaknya sekitar 300 meter timur pasar Ambal yang berada di jalan Deandels yang menghubungkan Yogyakarta dan Cilacap tersebut.Meskipun sederhana, tetapi ukuran warung cukup besar mampu menampung lebih dari 50 orang. Sejumlah fasilitas pun tersedia di sana seperti toilet, dan musala.Jika memesan seporsi sate ayam ambal, anda akan mendapati 20 tusuk sate yang disajikan dengan bumbu berwarna coklat dan sedikit berminyak, serta sepiring lontong.

Source http://jogja.tribunnews.com
Comments
Loading...