Sate Apaleh yang Tak Kalah Lezat Khas Aceh

Sate Apaleh yang Tak Kalah Lezat Khas Aceh

Bagi Anda yang menuju Medan atau Banda Aceh menggunakan lintas Sumatera, rasanya tidak afdol, jika tak singgah menikmati Sate Apaleh. Sate daging sapi dan kambing ini dikenal seantero Aceh. Tidak kalah populer dengan Sate Matang yang tersohor itu. Letaknya di Jalur lintas Medan-Banda Aceh, Desa Geurugok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Belasan mobil berjejer di depan warung ini. Di situ, sejumlah pejabat dari berbagai daerah berkumpul. Sekadar singgah sejenak, menikmati Sate Apaleh yang tersohor itu. Bahkan angkutan umum pun singgah ke warung itu untuk menuntaskan selera penumpangnya. Warung ini buka 24 jam. Sehingga, jangan khawatir tidak kebagian. Pemilik warung sate ini adalah Pak Saleh. Dia membuka warung sate itu sejak puluhan tahun lalu.

Awalnya hanya sebelah kanan jalan jika dari Medan menuju Banda Aceh. Kini, di sisi kiri jalan pun telah dibuka. Dagingnya gurih dan empuk, padanan sate ini adalah sop tulang. Kuah sop yang mengepul asap penuh aroma gurih mampu membuat liur menetes. Selain tulang, dalam sop juga dicampur lemak sapi atau kambing. Jika makan sate kambing, untuk Anda disediakan minuman jus timun. Jika makan sate sapi, silakan memilih sendiri aneka minuman segar yang tersedia. Untuk harga, satu porsi Sate Apaleh Rp30 Ribu. Satu porsi berisi 10 tusuk sate dan termasuk bumbu kacang dan soto, kemudian ditambah satu porsi nasi putih Rp4.000. 

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-aceh/sate-apaleh-yang-tak-kalah-lezat-khas-aceh.html
Comments
Loading...