Sate DJ Bndung, Sate Madura Anti Mainstream

Sate DJ Bndung, Sate Madura Anti Mainstream

Sate madura bisa jadi olahan daging bakar paling terkenal karena memiliki kekhasan rasa dari campuran bumbu kacang yang gurih dengan kecap manis. Tak terhitung jumlah tukang sate madura di kota Bandung dari yang sudah legendaris hingga newbie, dari kelas restoran juga kaki lima. Nah, setiap malam di Jalan Sudirman Bandung mangkal gerobak sate madura favorit warga lokal bernama Sate DJ. Cobalah mampir karena yang satu ini beda rasanya.

Siapa sangka jika gerobak Sate DJ yang mangkal di depan salah satu toko Jalan Sudirman No. 297 itu merupakan usaha turun temurun yang sudah dimulai sejak tahun 1940-an? Awalnya hanya berjualan sate madura biasa hingga datanglah ide dari para pelanggannya yang mayoritas adalah DJ atau Disc Jockey. Dulu kawasan Sudirman ini memang memiliki beberapa diskotek atau klub malam, sehingga seusai naik panggung para DJ itu biasa bersantap malam di kedai sate ini.

Akhirnya sate Jalan Sudirman itu dikenal sebagai Sate DJ dan dari pengunjung setianyalah sebuah ide tentang sate pedas terlahir. Sang penjual pun tunduk mengikuti selera pasarnya dan menciptakan sate bercita rasa asin dan pedas. Hal tersebut membelot dari sate madura yang umumnya memiliki rasa gurih dan manis. Namun ternyata menu tersebut menjadi paling favorit hingga saat ini, tak hanya dj tapi juga warga Bandung.

Hasil gambar untuk Sate DJ Bandung

Sate ayam dan sate kambing DJ memiliki tekstur yang empuk karena memang potongannya tipis dan kecil. Sebelum dibakar, sate tersebut sudah dilumuri bumbu asin dan pedas. Proses pematangannya pun tidak sampai si daging gosong.

Rasa asin, gurih, pedasnya sangat menyerap dalam serat daging dan membuat penyantapnya ketagihan. Tanpa bumbu kacang dan kecap pun, daging tusuk bakar olahan Sate DJ ini sudah sangat lezat dan mantap dimakan bersama sepiring nasi putih hangat. Namun pengunjung yang suka bumbu kacang, tak perlu khawatir, karena bisa meminta pada sang penjual untuk menambahkan bumbu kacang dalam sajian sate pedasnya. Selain sate, di sana juga menyajikan soto khas madura. Soto enak ini diberi kuah kuning dari kunyit, tanpa santan, dan isinya adalah soun, suwiran daging ayam, kol, dan bawang daun.

Hasil gambar untuk Sate DJ Bandung

Satu porsi sate ayam maupun kambing dapat ditebus sebesar Rp. 15.000, sedangkan sotonya dibanderol Rp. 13.000. Harga tersebut sudah termasuk nasi putih, jadi tak khawatir membuat dompet jadi kurus. Sate DJ mulai buka pukul 18.00 dan baru tutup jika jualannya sudah habis. Tak jarang pukul 23.00 pun mereka sudah pulang, tapi pernah juga mangkal hingga pukul 04.00 subuh. Tempat jualannya tak begitu jauh dari belokan Jalan Gardujati.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/sate-dj-bandung-sate-madura-anti-mainstream/
Comments
Loading...