Sate Jaran Pak Kuntjoro

Sate Jaran Pak Kuntjoro

Kambing, ayam, dan sapi adalah beberapa hewan yang dagingnya seringkali disate. Tapi sebenarnya, masih ada banyak hewan lain yang dagingnya cocok untuk dijadikan sate. Salah satunya adalah kuda, atau jaran dalam bahasa Jawa. Di Yogyakarta, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan warung atau rumah makan yang menjual sate jaran. Karena sate kuda banyak peminatnya, maka yang berjualan pun cukup banyak.

Para peminat sate kuda memiliki alasan yang berbeda-beda. Ada yang menggemari sate kuda karena rasa dan tekstur dagingnya. Tapi, banyak juga yang menyukai sate kuda karena khasiat yang ditawarkannya. Daging kuda dipercaya memiliki banyak khasiat, seperti menyembuhkan penyakit reumatik, menyembuhkan penyakit asma, meningkatkan kejantanan pria, dan masih banyak lagi. Ada penelitian yang sedikit banyak mendukung kepercayaan masyarakat akan khasiat yang ditawarkan daging kuda. 

Sate kuda memang belum sepopuler sate ayam atau kambing. Tapi soal rasa, tak kalah nikmat. Coba saja mampir ke Sate Jaran Pak Kuntjoro yang ada di Jalan Kranggan No. 64 A. Warung ini terbilang pionir dalam kuliner sate kuda di Jogja. Di dinding ruang makannya, terpajang hasil liputan dari beberapa media massa tentang warung sate yang didirikan oleh Tani Kuntjoro pada bulan April 1997 ini.

Warung ini buka senin – sabtu : 11.00 – 20.00 WIB. Harganya lumayan murah, untuk sate kuda : Rp 28.000/porsi. Minuman : Rp.3000. Untuk parkir mobil dan motor menggunakan ruas jalan raya. 

Source https://www.gudeg.net/ https://www.gudeg.net/direktori/6121/sate-jaran-pak-kuntjoro.html
Comments
Loading...