Sate Kambing Mbah Somorejo

Sate Kambing Mbah Somorejo

Saat ini wisata kuliner itu semakin menarik kalau semakin mblusuk. Warung sate kambing mbah Somo, panggilan akrab mbah Somorejo jarang diliput dan diketahui karena lokasinya yang ada di pinggir sawah di daerah Bantul. Dagingnya medium rare. Kata medium rare mulai populer ketika acara kontes memasak muncul di televisi. Kata ini sebenarnya mengacu pada kondisi daging yang setengah matang. Bagi yang suka sate klatak setengah matang datang saja ke warung mbah Somo.

Dagingnya segar dan tidak pregus. Lewat teknik memasak khusus dan bumbu-bumbu tertentu, sate di warung mbah Somo benar-benar tidak berbau, segar dan empuk. Memasak klathak pake sujen. Di warung sate klatak mbah Somo tidak menggunakan ruji sepeda seperti pada umumnya. Menurut salah satu putranya, memasak sate menggunakan ruji dikawatirkan menimbulkan reaksi tertentu akibat panas yang ditimbulkan dengan batang ruji yang terbuat dari besi. Karenanya, di warung sate mbah Somo menggunakan bambu yang dirasa lebih aman dan alami.

Menu yang disajikan adalah sate klatak. Spesialisasinya sate setengah matang, tongseng, gulai. 1 porsi tongseng + 1 porsi sate + 1 nasi putih = Rp. 40.000,00. Untuk menuju kesini, dari terminal Giwangan lurus terus ke selatan lewat jalan Imogiri Timur. Dari jalan Imogiri Timur terus ke selatan sampai ketemu perempatan Wonokromo. Dari perempatan Wonokromo belok ke kiri (timur) melewati pasar yang menjual orderdil motor. Dari pasar itu terus ke timur sampai ketemu lapangan Kanggotan di sebelah kiri (utara) jalan.

Di sebelah timur lapangan itu ada jalan. Belok ke jalan itu. Dari jalan itu terus ke timur sampai mentok lalu belok kanan (timur) sampai ketemu pertigaan yang ada tugunya. Dari tugu itu belok ke kiri (utara) terus saja. Kira-kira 100 meter. Warung sate mbah Somo ada di sebelah kanan (timur) di bawah pohon. Di pinggir sawah. Tepatnya di Dusun Tobratan, Kecamatan Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. 

Source https://www.gudeg.net https://www.gudeg.net/direktori/7220/sate-kambing-mbah-somorejo.html
Comments
Loading...