Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul di Kota Tegal

Salah satu makanan khas Tegal yang menjadi primadona kuliner di Tegal adalah Sate Kambing Muda. Daging kambing identik dengan teksturnya yang kenyal, namun tekstur ini sangat tergantung pada usia kambing. Semakin muda usianya maka semakin empuk teksturya. Karena itu sate kambing Tegal banyak memakai daging kambing atau domba muda. Penggunaan daging kambing muda ini telah menjadi ciri khas sate Tegal. Sebutan Balibul itu didapat dari singkatan “bawah lima bulan”. Sedangkan Batibul itu merupakan singkatan dari “bawah tiga bulan”. Kebanyakan warung sate kambing di Tegal yang menjadi favorit masyarakat Tegal pastinya menyediakan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul.

Salah satu pusat warung sate kambing yang ada di Tegal berada di daerah yang terkenal dengan nama Tirus, bahkan masyarakat setempat lebih mengenal dengan sebutan sate Tirus Tegal. Di Tegal ada salah satu rumah makan yang terkenal dengan sate balibulnya yaitu Warung Sate Sari Mendo.

Sewaktu dibakar, sate kambing ini tidak dicelupkan ke dalam kecap manis encer melainkan polos saja alias tanpa bumbu. Tak heran jika warnanya cenderung pucat dan tidak dibakar sampai gosong. Penggunaan daging kambing muda ini juga meminimalisir aroma prengus yang khas dari kambing. Usai dibakar, sate kambing Tegal biasanya disajikan dengan sambal kecap plus irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat. Bisa dinikmati dengan lontong atau nasi. Sate inipun cocok disajikan dengan gule kambing yang berkuah santan dan gurih.

Menu yang ditawarkan warung sate sari mendo yaitu ada Gule Kambing, Garang Asem Kambing, Sop Kambing, dan Ayam Goreng. Minumnya standar teh tawar hangat dan jeruk panas. Harga yang ditawarkannya pun cukup beragam mulai dari Rp.15.000 untuk seporsi sate isi 5 tusuk.

Warung Sate Sari Mendo berada di Jl. Teuku Umar, Debong Tengah, Tegal Sel., Kota Tegal. Warung Sate Sari Mendo buka dari jam 09.00 hingga pukul 00.00.

Selamat Mencoba.

Source Pegimakan Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul
Comments
Loading...