Sate Klathak Mas Bonbon

Sate Klathak Mas Bonbon

Sate klatak adalah sebuah hidangan sate kambing asal Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, kegiatan membakar sate di pembakaran terbuka disebut “klathak”. Sate ini sangat berbeda dari ragam sate lainnya, yang biasanya memakai garam dan lada sebagai bumbu utamanya.

Tusukan yang dipakai untuk memanggang dan membakar terbuat dari besi, tak seperti sate lainnya yang memakai tusukan bambu. Tusukan besi sebagai konduktor penghangat akan membaut daging lebih masak dari bagian dalam. Sate tersebut biasanya disajikan dengan gulai. Gulai kaya akan rempah-rempah, terkadang dimasak dengan tulang lembu, dan direbus memakai api kecil selama sekitar 30 menit.

Di Yogyakarta banyak yang menujal sate klatak ini, salah satunya Sate Klathak Mas Bonbona yang terletak di JL. Mangkubumi No.22 (Komplek Angkringan Jaman Edan). Buka Hari Selasa hingga Minggu, pukul 18.30 – 22.00.  Menu disini sangat bervariasi.

Menunya ada sate klathak, sate klathak mozarella, sate kecap, kicik, tongseng, gulai, lelung, tengkleng, nasi goreng kambing, miseng (mi tongseng), teh, jeruk, es buah. Menu makanan berkisar Rp 20.000 hingga Rp 27.000. Menu minuman Rp 3000 hingga Rp Rp 13.000.

Source https://www.gudeg.net/ https://www.gudeg.net/direktori/8008/sate-klathak-mas-bonbon.html
Comments
Loading...