Sate Maranggi Legendaris Cibungur Kota Purwakarta

Menjelajah berbagai obyek wisata di suatu daerah, kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Beragam wisata kuliner yang ada di Purwakarta salah satunya sate marangi khas purwakarta.

Makanan khas Purwakarta yang senantiasa jadi andalah wisata kuliner Purwakarta yaitu Sate maranggi. Sate maranggi ada di daerah Cibungur. Salah satu yang menjadi ciri khas Sate Maranggi yakni tekstur dagingnya yang empuk disajikan dengan irisan tomat, kecap dan cabe rawit hijau. Ada 3 macam daging sate yang dijual, Sate Ayam, Sate Kambing dan Sate sapi.

Sate yang disantap dengan nasi hangat dan bumbu sambal kecap dengan irisan cabai dan tomat ini akan lebih segar bila dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Sate Maranggi ini akan tambah nikmat bila dinikmati bersama es kelapa muda yang segar. Bayangkan, sate yang panas, daging yang empuk menggoyang lidah dipadu kelembutan daging kelapa muda dan airnya yang segar.

Menu lain yang disediakan kedai ini adalah ayam bakar dan gurame bakar, sup sapi, soto, sup kambing, gado-gado, karedok, mie bakso, hingga sayur asem. Mengenai harga, Sate Maranggi Cibungur tergolong cukup murah, Sahabat cukup membayar Rp.43.000. Sedangkan harga nasi per bungkus Rp 5.000. Es Kelapa Muda satu cangkir cukup besar dijual Rp 13.000.

Rumah Makan Sate Maranggi menambah jenis mekanan dan minuman yang disajikan untuk memanjakan pembelinya. Sekarang, selain menyajikan tiga jenis sate maranggi, rumah makan ini menyediakan menu ayam bakar, ikan bakar, pepes ati ampela, sop sapid an sop kambing, soto daging sapi, soto dengkul, soto ayam, pepes ikan mas, gado-gado, sayur asem, ayam dan bebek goreng. Sedangkan minumanya, selain es kelapa muda andalannya, rumah makan ini juga menyediakan juice, es buah, es campur, kopi dan the manis.

Kedai sate ini pertama kali dibuat pada tahun 1990 oleh H. Tetty dan masih ramai pengujung sampai sekarang.  Suasana kedai yang berbatasan langsung dengan hutan jati tersebut cukup nyaman. Kedai H. Tetty ini terletak di Jl. Raya Cibungur, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kedai yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Dan khusus hari minggu akan buka sampai dengan pukul 21.00.

Selamat Berkuliner.

Source Pegimakan Sate Maranggi Cibungur

Leave A Reply

Your email address will not be published.