Sate Pisang Legenda Warung Miroso Magelang

Sate Pisang Legenda Warung Miroso

Sebuah warung yang tidak begitu besar dengan ukuran 5 x 5 meter yang berada di Jl. Medang, Nanggulan, Magelang tepatnya di depan SMAN 3 Magelang menjadi spesial terutama bagi taruna Akabri yang saat ini disebut Akmil. Warung nan sederhana ini menjadi tujuan utama saat pesiar Sabtu malam. Bagi lulusan yang sudah lama meninggalkan Magelang saat berkunjung ke kota Tidar ini mereka tidak akan lupa mampir ke warung Miroso ini. Bahkan beberapa waktu yang lalu warung ini menjadi tempat bernostalgia petinggi negeri ini yakni mantan wapres Try Sutrisno.

Warung yang dibangun sekitar 56 tahun yang lalu oleh Ibu Suwondo ini sekarang dikelola oleh putra sulungnya. Dari dulu menu utamanya adalah wedang ronde dan sate pisang. Ibu Suwondo yang saat ini berusia 91 tahun tetap ikut menunggu di warung tersebut sekaligus sebagai quality control. Dimana setiap pagi mencicipi menu utama tersebut agar kualitas rasa benar benar terjaga.

Wedang ronde mungkin bukan sesuatu yang istimewa di beberapa tempat sudah banyak disajikan, namun berpasangan dengan sate pisang menjadi ciri khas di tempat ini. Sate pisang dengan bahan dasar pisang kapok yang direbus kemudian dipotong-potong dan ditusuk lidi bambu seperti halnya sate dan di atasnya diguyur santal kental. Sensasi inilah yang membuat banyak orang merasa kangen untuk mencicipi kembali. Setiap kali reuni Akmil dua jenis menu ini seolah menjadi makanan wajib yang harus ada. Tak heran jika kedua jenis menu ini laris diborong sebagai sajian di acara tersebut.

Saat ini warung Miroso menambah beberapa menu diantaranya mikung yakni masakan mie yang dicampur dengan kangkung. Menu yang lain berupa lumpia, tahu bacem dan bakso. Untuk harga sate pisang, tahu bacem dan lumpia hanya sebesar Rp. 3.000 per bijinya. Ingin mencicipi juga nikmatnya semangkuk ronde dan juga sate pisang yang jadi legenda tersebut, silahkan mampir di Warung Miroso yang buka setiap sore hari mulai pukul 17.00 WIB.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/sate-pisang-legenda-warung-miroso/
Comments
Loading...