Sate Serepeh Makanan Lezat Khas Rembang Jawa Tengah

Banyaknya menu kuliner modern tak lantas membuat kuliner tradisional khas Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini terlupakan. Masakan lokal yang cukup khas dan patut dicoba itu bernama sate serepeh.Dari namanya, kuliner sate ini memang cukup asing di telinga.

Namun, di eranya dulu, menu sate dengan bumbu cukup khas ini pernah menjadi primadona di kabupaten paling timur Pantura itu.Sate serepeh berbeda dengan sate kambing dan ayam pada umumnya, sate ini disajikan dengan menggunakan sambal/kuah yang bersantan, jadi rasanya itu lebih gurih-gurih santan kelapa, sangat cocok untuk pecinta makana yang berkuah,. Sate serepeh ini juga banyak tersedia di rumah/warung makan di Rembang.

Bicara Kabupaten Rembang tak melulu soal RA Kartini atau Kampung Lasem. Kabupaten di timur Pantura Jawa Tengah itu juga punya banyak kisah soal makanan tradisional. Satu makanan yang tak boleh terlewatkan adalah sate serepeh.Sate serepeh punya citarasa unik. Bila biasanya sate bertabur bumbu kacang untuk menggoyang lidah, tapi apa yang ada pada sate serepeh justru anti mainstrem. Sate serepeh hanya memakai bumbu dari gula Jawa yang ditumbuk halus. Lalu, dengan olahan sedemikian rupa bumbu gula

Jawa itu disiramkan di atas tumpukan sate.Mengaduk bumbunya bisa sampai dua jam lebih. Apalagi kita enggak pakai kacang. Kita pakai gula. Inilah citarasa yang sangat khas dari sate serepeh dari Rembang Sate serepeh paling cocok dimakan bareng nasi tahu. Dengan suasana pagi yang guyup, satenya sangat pas dimakan pagi hari bareng keluarga. Memang sangat sedap,” terangnya sembari menambahkan bahwa dirinya sering kebanjiran pesanan saat Hari Raya Idul Fitri atau saat liburan panjang tiba.jenis menu yang dijual di sini dan dijual hanya Rp 10 ribu-Rp 30 ribu. Jumlah standnya ada 55 buah,”

Source http://metrosemarang.com
Comments
Loading...