Sato Jaya, Rajanya Masakan Padang di Kota Malang

Sato Jaya, Rajanya Masakan Padang di Kota Malang

Salah satu makanan yang paling mudah ditemui di seantero wilayah Indonesia adalah nasi Padang. Ketika bingung hendak makan apa di wilayah lain namun takut apakah cita rasa makanan di tempat tersebut akan cocok dengan lidah atau tidak, nasi Padang dapat jadi jawaban dan penyelamat di kala lapar.

Walaupun citarasa yang dimilikinya hampir sama, namun tiap warung Padang juga memiliki ciri khas rasa sendiri yang membedakan mereka dari tempat lain. Di Malang sendiri warung nasi Padang yang memiliki ciri khas rasa yang berbeda dan menyebabkannya menjadi berbeda dari warung lain adalah Sato jaya.

Terletak di pusat kota, tepatnya di jalan Kauman nomor 5 kota Malang, warung ini sangat mudah untuk dijangkau dari segala jurusan. Letaknya sendiri berada di jalan sebelah barat Alun-alun Merdeka atau di barisan seberang bank Mandiri.

Warung ini hampir tak pernah sepi didatangi oleh pelanggan yang ingin meredakan kelaparan. Seperti lazimnya nasi padang, makanan akan disusun secara bertumpuk di bagian depan warung pada sebuah etalase yang menampilkan tumpukan berbagai jenis makanan yang tentunya lezat dan menggunakan bumbu khas makanan padang.

Walau kebanyakan orang akan kesulitan membedakan ciri khas rasa dari satu warung Padang dengan warung lainnya, namun di Sato Jaya ini perbedaan tersebut sungguh terasa. Rasa makanan tidak terlalu menyengat di lidah dengan rasa pedas atau gurih yang berlebihan. Hal itu lah yang menjadikan warung ini menjadi sangat laris di Malang.

Bertandang ke rumah makan Padang tentu saja tak sempurna jika tak mencicipi rendangnya. Seperti nasi padang pada umumnya, setiap pesanan akan disajikan dengan nasi yang sudah disiram kuah, sambal hijau, serta sayur. Secara porsi, memang rumah makan ini kalah jauh dari warung nasi Padang di sekitaran daerah kampus, namun soal rasa tentu saja warung ini lebih unggul.

Daging rendang yang disajikan terasa sangat lembut dan tidak alot atau menyisip di gigi ketika makan. Belum lagi bumbunya yang begitu meresap dan tidak terlampau manis dan gurih. Rasa itu akan menjadi semakin sempurna ketika bercampur dengan sayur, nasi putih dan sambal hijau.

Selain rendang, tentu saja masakan berbumbu gulai menjadi menu wajib untuk dicoba. Bumbu gulai yang disajikan cukup kental dan juga sama lezatnya dengan rendang yang dimilikinya. Lauk yang digunakan juga cukup lezat dengan cara masak yang sesuai sehingga bumbu gulai benar-benar meresap ke dalam daging ayam atau kikil yang dipesan.

Selain dua jenis makanan tadi tentu masih banyak berbagai jenis lain seperti gulai ikan, gulai limpa, paru goreng, ayam goreng, ikan bakar, serta dadar telur tebal khas masakan Padang. Rasa dari makanan tersebut sama lezatnya dan selalu tandas pada sore hari.

Beberapa hal lagi yang menjamin bahwa rumah makan ini benar-benar otentik dari Sumatera Barat dapat dilihat dari logat penjualnya serta banyaknya orang dengan logat sama yang membeli makanan di warung ini. Hal tersebut menjelaskan bahwa warung ini menampilkan rasa khas yang memang sesuai dengan masakan Padang aslinya.

Sato Jaya terletak di jalan Kauman nomor 5 Malang. Setiap hari warung ini buka dari 07.00 hingga biasanya habis pada kisaran pukul 16.00. Jika datang ke warung ini, pastikan tidak pada waktu jam makan siang karena warung akan selalu penuh dengan pelanggan lain yang juga hendak mengisi perut. Harga nasinya sama, Rp 12,000, sedang minumnya juga Rp 3.000.

Source https://malang.merdeka.com https://malang.merdeka.com/kuliner/sato-jaya-rajanya-masakan-padang-di-kota-malang-160803b.html
Comments
Loading...