Saung Sunda Sawargi Simpang Regata dengan Enam Pendopo Batam

Saung Sunda Sawargi

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo meresmikan cabang baru Rumah Makan Saung Sunda Sawargi (SSS), yang terletak di Simpang Regata, sebelah Pom Bensin Batam Centre, Batam.

Dalam peresmian tersebut, rumah makan Saung Sunda Sawargi dipadati oleh ratusan tamu dari berbagai kalangan.

Hadir dengan konsep masih lama yakni dengan pendopo dengan tiang-tiang bambu, rumah makan saung sawargi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

“Selain memiliki ciri khas masakan Sunda, rumah makan Saung Sunda Sawargi ini bisa menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung di Kepulauan Riau,” ujar Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo.

Soerya mengatakan, konsepnya sangat bagus, ruangannya luas. “Bisa dipergunakan untuk berkumpul, dan kampanye nanti bisa juga disini, tutur Soerya sambil tersenyum.

“Selain makanan khas Sunda, kita juga ada makanan seafood dan Chiness Food,” ujar Yulia pemilik rumah makan Saung Sunda Sawargi.

Ia menyebutkan, saat ini SSS memiliki tiga cabang. Namun untuk yang di MyMart habis lebaran akan ditutup. “Jadi cukup dua saja, di sini sama yang di Golden Prawn,” ungkap Yulia.

Ia menyebutkan, untuk satu bulan ini, konsumen akan diberikan diskon 10 persen. Rumah makan ini juga menyediakan untuk chatering dan pesanan acara resepsi.

Satu di antara pendopo di Saung Sunda Sawargi Cabang Simpang Regata dengan ukuran lebih luas.
Saung Sunda Sawargi Batam membuka cabang baru di Simpang Regata atau berdampingan dengan SPBU depan Regata. Lokasi ini memberikan kemudahan bagi pengunjung restoran karena lokasinya yang mudah di jangkau atau letaknya berada di pinggiran jalan. Dekorasi yang digunakan masih sama bertemakan bambu dan atap jerami.
Restoran yang dikenal dengan masakan ala Sunda ini dikatakan Lia, Owner Saung Sunda Sawargi akan menggelar Grand Opening, Jumat (5/6/2015) lalu.
” Sekarang kami membuka cabang baru di depan simpang Regata, sudah bisa dikunjungi. Kami akan menggelar Grand Opening Jumat ini,” kata Lia.

Selain lokasi strategis, Saung Sunda Sawargi cukup luas atau sekitar 2500 meter persegi. Kapasitas restoran dapat memuat 500 orang. Sedangkan pendopo atau pondok-pondoknya di bangun dengan ukuran yang lebih besar.
” Bisa memuat kapasitas 500orang dengan 6 pendopo berukuran lebih besar,” kata Lia. Lanjut Lia untuk harga tetap sama dengan cabang Saung Sunda lainya, demikian menu-menu yang disajikan tidak berbeda. Sebut saja Ikan Gurame hingga nasi Liwet masih bisa anda temukan di sini.
Khusus untuk menyambut bulan puasa, Saung Sunda Sawargi tidak lago menggunakan sistem bufe tetapi sistem paket untuk pemesanan paket buka puasa.

” Harga tetap murah dan sama ya. Untuk paket buka puasa mulai dari harga Rp 60ribu saja perorang,” jelas Lia.
Setelah lebaran nanti, Saung Sunda akan menambah menu-menu baru seperti menyediakan menu iga bakar dan menu sarapan pagi. Selain itu Saung Sunda cabang simpang Regata ini juga akan tutup lebih malam.
Manajemen RM. Saung Sunda Sawargi kini membuka cabangnya di Komplek Golden Prawn Bengkong Laut.
Bangunan yang teduh berada di atas permukaan air dengan nuansa Sunda yang sangat khas. Suasana ini membuat orang yang berada di dalamnya semakin betah dan larut menikmati suasana.
Yulia Kartika Sari, pemilik Saung Sunda Sawargi mengatakan desain bangunan dirancang khusus oleh ayahandanya yang memiliki jiwa seni.

Pengunjung bisa memilih ratusan menu favorit yang disediakan oleh manajemen Saung Sunda untuk para pecinta masakan Sunda dengan lalapan segar.

Salah satunya ikan gurame goreng. Menurut Yulia, hampir setiap pengunjung memesan menu ini. Sebab proses memasaknya tidak lama dan rasanya yang gurih karena ikan dalam kondisi segar.
Disantap dengan nasi timbel yang terbalut daun pisang segar, ikan gurame goreng ini ditawarkan Rp 65 ribu per porsi.

“Baru buka di sini belum lama. Insya Allah bisa meramaikan aneka masakan kuliner di Batam. Apalagi di sini sering dikunjungi wisatawan dari Singapura, Malaysia atau luar negeri lainnya, kami ingin mengenalkan masakan khas Indonesia kepada masyarakat luar negeri,” ujar Yulia Kartika Sari.

Di sini manajemen sangat mengutamakan pelanggan. Ini terlihat dari pelayanan yang diberikan. Selaku pemilik, dia tidak sungkan mendatangi setiap konsumen yang sedang menyantap masakan Sunda di saungnya. Baginya, pelanggan merupakan keluarga yang harus dijalin silaturahminya.

Para pecinta kuliner dapat menikmati dessert sop buah sebagai pelengkap akhir perjamuan. Tidak lama lagi, kolam-kolam ikan yang luas di Saung Sunda Sawargi akan dipelihara ikan untuk fasilitas memancing. Sehingga pengunjung bisa makan sambil memancing.

Saung Sunda Sawargi melayani paket pernikahan dengan kapasitas kurang lebih 600 tamu. Untuk paket menu diberikan harga Rp 55 ribu per pax.
Disediakan juga katering atau pemesanan nasi kotak dimulai dari harga Rp 25 ribu per pax. Untuk pemesanan dapat menghubungi 081277355655.

Source pegimakan.id www.tribunnews.com
Comments
Loading...