Sayur Lilin Tempat Wisata Kuliner Unik Khas Ternate

Sayur Lilin adalah makanan khas Ternate yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Di TernateSayur Lilin ini biasa ditemukan di pasar-pasar di sana, paling sering dimasak dengan santan dan bumbu kuning, potongan-potongan Sayur Lilin ini memang khas teksturnya, menyerupai tekstur telur ikan, sehingga ada yang menjulukinya “vegetarian caviar”.

Sayur Lilin adalah sebutan untuk jenis sayuran di Ternate dengan harga 10.000. Bentuknya panjang dan bulat seperti lilin, sehingga begitulah namanya disebut. Sayur Lilin, banyak diolah sebagai sayur berkuah santan, namum bisa juga dibuat olahan lain. Misalnya digoreng dengan balutan telur atau tepung seperti tempura. Sebelum dimasak sesuai selera, Sayur Lilin dibakar terlebih dulu bersama kulit di atas api, supaya ketika diolah tidak mudah hancur. Setelah dibakar, biasanya dipotong-potong kemudian dimasak sesuai selera.

Rasanya sangat khas dan unik di mulut. Telur tebu atau Bunga Tebu yang bisa dimakan terletak di bagian yang terlapisi oleh pelepah daun. Telur Tebu bukanlah tanaman Tebu yang biasa airnya Anda minum. Memang mereka tanaman yang mirip, tapi mereka berbeda. Perbedaanya terdapat di pucuknya. Kalau pucuk dari pohon tebu tidak memiliki Telur Tebu. Meskipun pohon tebu dan Tebu Telur beruas-ruas, tapi untuk urusan rasa. Pohon tebu jelas memiliki air yang manis. Sedangkan tanaman Tebu Telur tidak memilikinya.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-ternate/sayur-lilin-tempat-wisata-kuliner-unik-khas-ternate.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.