Sedapnya Sayur Besan Mpoh iyoh

Sayur Besan Mpoh iyoh

Nama yang cukup unik untuk sebuah sayur, Awal mulanya Sayur besan tersebut disajikan saat hendak melangsungkan pernikahan (prosesi besanan). Masakan tersebut menjadi salah satu simbol adat dalam pesta perkawinan masyarakat Betawi. Sejarah Sayur Besan ini tidak terlepas dari keberadaan kebun tebu di Batavia dan Tangerang pada pertengahan abad ke-17. Sayur Besan merupakan sayur berkuah santan dengan terubuk atau trubuk. Masyarakat Jakarta dan Tangerang kerap menyebut trubuk sebagai bunga tebu.

Pada umumnya, terubuk mempunyai diameter antar 15 – 20 mm. Bentuknya hampir sama dengan serai jika belum dikupas. Sementara itu bagian dalamnya tidak beruas dan berwarna putih. Sekilas tekstur permukaannya hampir sama dengan telur ikan gabus. Karena memiliki persamaan tekstur dengan telur ikan gabus itulah sayuran ini juga sering dikenal dengan telur tebu.

Sayur Besan memiliki empat komposisi utama yaitu terubuk, petai, kentang, serta bihun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis atau kacang panjang, wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

Walaupun Eksitensi Sayur besan cukup langkah di zaman sekarang,akan tetapi kita bisa menikmati lezatnya Sayur besan ini di warung Mpo Iyoh yang terletak di Jl Ir. H. Juanda, Ciputat Timur, Tangerang.

Untuk masalah harga Mpoh iyoh mematok harga sekitar Rp 8.000 dan buka dari jam 15.00 sampai jam 22.00 malam.

pegimakan.id
Comments
Loading...