Sedapnya Soto Bening Ala Pacitan, Kuliner Khas Pacitan Jawa Timur

Soto pacitan salah satu masakan nusantara asal Pacitan Jawa Timur. Kuliner ini mempunyai tampilan dan rasa khas. Kuah sotonya dibuat dari kaldu ayam kampung, saat disajikan ada tambahan kacang, kentang serta bawang merah goreng. Sayurnya cukup jenis tauge dan seledri.

Warna soto pacitan bening, karena tidak menggunakan santan. Ketika dipadu kecap khas asal Pacitan, warna kuah bisa berubah coklat tua, aromanya harum, ada rasa gurih dan manis. Bisa ada rasa pedasnya kalau ditambah sambal,” jelas Amik, salah satu pekerja dilokasi kuliner Soto Pacitan Mbah Nung di kawasan Karangmalang Sleman.

Menurutnya, kecap sengaja didatangkan dari Pacitan, sebab lebih bisa mendukung kekhasan soto tersebut. Pembuatan kecap dipadu dengan rempah-rempah tertentu menjadikan cita rasanya kian khas. Sedangkan kuah soto Pacitan berbahan kaldu ayam kampung serta didukung aneka bumbu seperti merica, pala, bawang putih, jahe, kemiri dan penyedap rasa.

Bumbu Yang Khas

Setelah kuah bersama bumbu-bumbu direbus sampai masak, lalu siap disajikan dengan ditambah nasi dan daging ayam kampung suwir. Tak ketinggalan ditambah kentang, bawang merah dan kacang tanah goreng.

“Pak SBY asal Pacitan, waktu masih menjadi presiden maupun sudah mantan presiden, setiap datang ke Pacitan juga menyempatkan menyantap soto Pacitan,” ungkapnya.

Amik menambahkan, sambal untuk soto pacitan cukup menggunakan bahan cabe, bawang putih, bawang merah dan garam secukupnya. Selain sambal disediakan juga irisan jeruk nipis, sebab dapat menambah aroma serta kesegaran kuah soto.

Beberapa lauk-pauk yang disediakan, antara lain sate usus ayam, sate semur telur puyuh, tempe goreng dan kepala ayam goreng. Semua ditempatkan dalam wadah tersendiri dan ikut disajikan di meja bersamaan saat soto dikeluarkan

Source http://pegimakan.id lifestyle.okezone.com
Comments
Loading...