Segarnya Menikmati Es Santan Ketan Hitam

Segarnya Menikmati Es Santan Ketan Hitam

Walaupun terkenal dengan hawanya yang cukup dingin dan sejuk, namun siang hari di Malang rasanya tidak kalah terik dengan kota-kota lain. Hal itu yang membuat berbagai sajian es baik yang modern maupun yang tradisional cukup banyak dan laku di Malang. Salah satu es tradisional yang cukup murah dan tak kalah segar adalah Es Santan Ketan Hitam di depan SMK Negeri 4 Malang.

Sebagai sebuah minuman dan hidangan manis, es santan sudah cukup dikenal oleh warga Malang. Komposisi dari minuman ini sebenarnya cukup sederhana namun memiliki rasa yang sangat luar biasa. Minuman ini terbuat dari santan yang sudah dibekukan menjadi es, ketan hitam, dawet berwarna merah, serta siraman sirup yang menambah rasa segar dari minuman tersebut.

Sebagai pelengkap, biasanya terdapat juga roti tawar yang disajikan bersama minuman ini dan diberi sirup pada salah satu sisinya. Sirup yang digunakan adalah sirup merah yang mungkin mengingatkan kita pada masa kecil dulu ketika jajan minuman tersebut di sekolah.

Rasa manis dari sirup yang berpadu dengan gurihnya santan dan dinginnya es melahirkan sebuah citarasa yang sangat segar dan khas. Belum lagi dengan isian berupa ketan hitam dan dawet merah yang mampu berpadu dengan sempurna dan menambah rasa manis yang harmonis dari minuman ini.

Roti tawar yang ada di atas gelas es juga mampu berpadu dengan sangat sempurna ketika dicelup ke dalam segelas es santan. Namun jika ingin dimakan terpisah dari minumannya, roti dengan olesan sirup tersebut tetap mampu menunjukkan rasa yang lezatnya dan menimbulkan perasaan nostalgia bagi orang-orang tua.

Minuman ini tergolong memiliki harga cukup murah yaitu sekitar 2500 Rupiah dan hanya perlu menambah 500 rupiah untuk sepotong roti. Lokasi penjualnya sendiri berada di pinggir jalan pada trotoar sebelah barat SMK Negeri 4 Malang, tepatnya di depan ATM BNI.

Source https://malang.merdeka.com https://malang.merdeka.com/kuliner/rasa-nostalgia-pada-segelas-es-santan-ketan-hitam-160622m.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.