Enaknya Sego Bancakan Khas Magetan Jawa Timur

Sego Bancakan

Sego bancakan aka nasi selamatan, biasa dibagi ke anak-anak kecil yang diundang bancakan/selamatan. Di Magetan, orang tua ngadain bancakan kalo ada bayi yang baru lahir, sepasaran (lima hari), selapanan (1bulan hitungan bulan jawa), n paling rame kalo acara tedak siten (turun tanah). Biasanya emang hebohh banget, bahkan yang diundang cuma tetangga dekat, yang datang anak-anak kampung jauh, maklum anak-anak kalo urusan bancakan mesti cepat nyebarnya. Ehh tapi bancakan ga cuma anak-anak yang suka, ibu-

ibunya yang nganterin juga seneng..bahkan ga jarang kebagian jatah juga..hihihi..lah abis kadang ada beberapa item menu yang ketemunya cuma di bancakan aja..misalnya pelas dele (sayur kedelai yang dicampur parutan kelapa)..paling sukaaaa si pelas ini. Oya, biasanya sego bancakan ditempatkan dalam besek (wadah dari bambu) kotak kecil n ada tutupnya, kadang ada juga yang ditaruh di mangkuk plastik. Tapi karena ga ada besek, aku pakenya kukusan dimsum hehe..Selain isi nasi dengan lauknya, ada juga tambahan jajan pasarnya, biasanya iwel-iwel sama putu…sering juga dikasi buah misalnya sbiji jeruk ataupun pisang. Yang lucu juga si pengantin, yaitu anak yang dibancaki didandanin pake mahkota dari daun pandan…ada juga yang dipakein baju adat kalo punya..wahhhh pokonya seruuu banget

Nahh..untuk even IDFB yang temanya rice festive, aku pengen ikutan berpartisipasi dengan bikin sego bancakan ini. Ga pede sih sbenernya karena yang ikutan para pakar food blogger dengan hasil masakan n foto yang dahsyat. So nekat aja dehh, n aku sendiri rasanya seneng aja, apalagi evanya heboh ikutan nyiapin sambil dengerin critaku masa mreka dibancaki. “Ehh mamah.. di KK ga ada bancakan yaa??”..hihii..itu komentarnya. Iyalah makanya sekarang kita bikin biar tetep ingat sama kampung halaman yaa..
Untuk isinya, aku cuma sanggup bikin empat menu aja, yaitu bothok tempe, pelas kedele, terik tempe dan ayam yang disuwir, ada juga bikin urapan., minus jangan kluwih (sayur kluwih), srundeng n jajan pasar. Hmmm, smuanya dibuat ramah lidah anak-anak alias ga ada yang pedes.

 

Source pegimakan.id evanyacooks-renny.blogspot.co.id
Comments
Loading...