Sensasi Nikmat Nasi Mamong & Tapai Ngambeng Khas Kota Bondowoso

Nasi Mamong & Tapai Ngambeng

Bondowoso, adalah kota kecil yang ada di Provinsi Jawa Timur. Keberadaan daerah ini didominasi dengan pegunungan, perbukitan, tetapi ada juga dataran rendah. Dengan kondisi alam yang masih asli, Bondowoso menawarkan banyak sekali obyek wisata alam, mulai dari air terjun, kawah, telaga, dan masih banyak lagi. Semua obyek wisata tersebut masih sangat asli dan asri. Bagi anda yang ingin berlibur ke Bondowoso, beberapa obyek wisata yang mungkin bisa anda datangi adalah Air Terjun Polo Agung, Bosamba, Pemandangan Arak-Arak, Permandian Air Panas, dan masih banyak lagi.

Nah, jika sudah tahu mau jalan-jalan kemana kalau anda mampir di Bondowoso, sekarang anda hanya tinggal menentukan kuliner apa yang harus anda datangi. Sama seperti daerah lain, Bondowoso pasti juga menyimpan banyak sekali kuliner daerah yang wajib dicicipi oleh para pengunjungnya. Apa saja ya kuliner khas Bondowoso.

Kuliner utama yang wajib sekali dicicipi ketika anda datang ke Bondowoso adalah Nasi Mamong. Apa itu Nasi Mamong? Mamong adalah kata dari bahasa madura yang berarti “bingung”. Menurut orang Bondowoso, penamaan Nasi Mamong adalah karena proses pembuatannya yang cukup lama, dan membuat para pembelinya bingung. Mengapa lama? Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu sehari semalam, mulai dari memasak nasi sampai matang, nasi dianginkan, dibungkus, dan dikukus lagi supaya awet.

Apa isi Nasi Mamong? Nasi Mamong berisi daun singkong, cincangan daging ayam, daun kemangi, dan teri. Penggunaan daun singkong ternyata ada maksudnya, yaitu melambangkan hasil bumi asli dari Bondowoso, yaitu singkong. Jika dijual, Nasi Mamong ini ternyata dijual dengan sangat murah, yaitu Rp. 9.000,-. Kemasannya yang tradisional dan bentuknya yang menarik seperti kerucut membuat Nasi Mamong ini mudah untuk dipasarkan dan dibawa ke perjalanan. Nasi Tumpeng mini ini terbungkus daun dan diikat dengan menggunakan tali yang terbuat dari bambu tipis atau serat daun pisang.

Nah, jika anda sedang berkunjung ke Bondowoso, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner ini. Selain murah dan kaya nutrisi, Nasi Mamong ini juga tidak ribet untuk disantap dan dibawa ke perjalanan anda. Kemasannya yang simpel sangat cocok untuk anda yang sedang berkeliling menikmati obyek wisata di Bondowoso.

Tapai Ngambeng

Selesai menyantap Nasi Mamong yang khas, anda diwajibkan juga untuk mencicipi Tapai Ngambeng. Tapai Ngambeng adalah minuman yang juga khas dari Bondowoso Jawa Timur. Nah, untuk mencicipi Tapai Ngambeng ini anda perlu sedikit perjuangan untuk mencarinya. Kabarnya, minuman yang sangat khas dan melegenda ini sudah sangat jarang sekali ditemui. Penjualnya sudah sedikit, tidak seperti jaman dulu. Tetapi uniknya, kebanyakan penjualnya adalah para warga yang sudah berusia lanjut, dan cara menjualnya menggunakan gendongan. Mereka akan berkeliling Bondowoso dengan menggunakan gendongan ala Mbok Jamu.

Tapi jika anda beruntung menemukan penjual Tapai ini, jangan menyia-nyiakan kesempatan emas ini untuk membelinya. Pasti anda tidak akan menyesal pernah membeli Tapai Ngambeng ini. Tapai Ngambeng ini berbahan dasar Tapai yang dicampurkan dengan air gula dan air kapur. Kedua bahan tersebut adalah strategi untuk membuat tapai tidak mudah hancur, dan airnya bisa tetap bening. Biasanya, penjual Tapai Ngambeng ini akan menyajikannya dengan es batu. Anda hanya cukup membayar sekitar Rp. 5.000,- saja untuk mendapatkan seporsi Tapai Ngambeng.

Murah meriah bukan? Jangan lupa untuk share keseruan kuliner anda di Kota Bondowoso!

Source Pegimakan.id kooliner.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.