Sensasi Pedasnya Nasi Tepeng Kuliner Khas Pulau Bali

Berwisata ke daerah Gianyar Bali terasa belum lengkap jika tidak menikmati kuliner khas Bali yaitu Nasi Tepeng. Nasi Tepeng merupakan salah satu masakan yang wajib hadir saat perayaan Nyepi. Masyarakat pemeluk agama Hindu menjadikan nasi tepeng sebagai santapan saat berdiam diri dan beribadah Nyepi.

Nasi Tepeng merupakan makanan khas yang berasal dari Gianyar, makanan yang dimasak dengan campuran lengkap rempah-rempah dan lada membuat terasa pedas di lidah. Bahan yang digunakan untuk pembuatan sambal terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, garam dan gula pasir. Ditambah dengan sayuran seperti kacang panjang, ayam goreng, telur, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Nasi Tepeng mempunyai tekstur yang sangat lembek, bahkan hampir seperti bubur yang biasa kita temukan. Akan tetapi bumbu rempah khas Bali yang ada di Nasi Tepeng ini yang bikin berbeda dengan bubur biasa. Cara penyajiannya pun masih sangat tradisional, yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai wadahnya.

Nasi Tepeng  dapat dijumpai di Jl. Ngurah Rai, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Nasi Tepeng ini dihargai Rp.10.000 perporsi . Tempat makan Nasi Tepeng buka dari pukul 13.00 sampai jam 00.00. Menikmati Nasi Tepeng yang pedas sambil ditemani suasana tenang Kota Gianyar di sore hari, terasa lengkap perburuan kuliner di tengah kota Gianyar.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Nasi Tepeng
Comments
Loading...