Serunya Menyantap Cuanki Serayu Bandung

Serunya Menyantap Cuanki Serayu Bandung

Jalan Serayu adalah salah satu yang wajib dikunjungi para pelancong yang bertujuan untuk wisata kuliner di Bandung. Lokasi tersebut menjadi tempat mangkalnya cuanki terenak Bandung yang kemudian dikenal dengan nama Cuanki Serayu. Tempat ini memang paling ampuh mengusir penat akibat panasnya kota Bandung akhir-akhir ini.

Seru memang menyantap cuanki yang satu ini. Kenapa seru? Seru karena destinasi kuliner di seputaran kawasan Riau ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan kalau beruntung bisa bertemu artis ibu kota. Padahal tempatnya bukanlah restoran, hanya sebuah bangunan semi permanen beratapkan seng. Seru karena harus antre dulu sebelum memesan, seru karena di ruangan yang begitu kecil orang berjubel makan bakso panas, dengan atap seng kebayang kan seperti apa panasnya?

Cuanki Serayu juga menyediakan beberapa bangku di “halaman” mereka, memanfaatkan trotoar yang seharusnya menjadi hak pejalan kaki. Tapi tambahan bangku-bangku itu pun masih belum mampu menampung pengunjung yang membludak. Tak jarang pembeli bermobil lebih memilih makan di dalam kendaraannya ditemani AC. Cuanki Serayu sudah lahir di kota Bandung sekitar tahun 1990-an. Usaha ini diawali dengan menggunakan gerobak keliling, seperti kebanyakan penjual cuanki pada umumnya. Istilah cuanki merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki”.

Satu porsi cuanki berisikan dua bakso kecil, siomay, tahu putih, dan batagor. Penganan tersebut disiram kuah yang merupakan hasil rebusan dari tulang ikan. Dengan begitu kaldunya tidak berlemak, lebih bening, dan segar. Kemudian di atas semangkuk cuanki itu akan ditaburi bawang goreng juga seledri. Kita juga bisa menambahkan rasa dengan cuka, sambal, kecap, atau saus yang tersedia di meja makan. Rasa cuanki serayu memang lezat, tak heran memiliki banyak penggemar.

Gurih dan siomaynya betul berasa ikan. Selain cuanki, di sini Anda juga dapat memesan batagor yang tak kalah lezat. Saus kacangnya kental, gurih, dan manis. Meski harus buru-buru menghabiskan makanan karena banyak pembeli lain yang menunggu untuk dapat duduk, kenikmatan cuanki serayu tak berkurang. Jika ingin bersantap penganan satu ini lebih santai maka jangan datang lewat jam 12 siang.

Cuanki Serayu sudah mulai beroperasi mulai pukul 11.00 – 18.00. Satu porsinya dibanderol seharga Rp. 12.000 dan untuk porsi setengah dapat ditebus dengan uang Rp. 8.000. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat naik angkot rute Ledeng – Margahayu (biru muda, strip kuning) atau Dago – Riung Bandung (putih, strip hijau), kemudian turun di depan Jalan Serayu. Anda hanya perlu berjalan kaki sedikit dari jalan masuk Serayu.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/serunya-menyantap-cuanki-serayu/
Comments
Loading...