Sop Pak Min,Kuliner Ternama Yang Merakyat Di Batam

Sop Pak Min

Sejumlah tamu menikmati sajian makanan Sop Pak Min Klaten di Sky Inn Hotel, Batuaji, Batam.
Sky Inn Hotel, Batuaji, Batam membuat gebrakan baru dengan menghadirkan Sop Pak Min Klaten sebagai bagian dari fasilitas hotel. Dengan harga yang dinilai merakyat, Sop Pak Min Klaten diyakini bisa diterima masyarakat Batam, khususnya warga Batuaji dan sekitarnya.

Diungkapkan Hastan, pemilik Sky Inn Hotel, yang berlokasi di Pertokoan Limanda Blok D No. 1-3, Batuai, Batam, di lokasi ini belum ada kuliner ternama yang merakyat seperti Sop Pak Min Klaten.
Ia optimis warga Batuaji akan antusias dengan hadirnya kuliner yang pertama membuka cabang di wilayah Sumatera ini.

Dengan harga yang tergolong murah yaitu Rp 8.000, warga sudah bisa menikmati satu porsi Sop ayam ditambah nasi.Sedangkan harga tertinggi adalah Rp20.000 yang menyajikan sop dengan bagian dada ayam. Hastan juga menuturkan konsep menyandingkan Sop Pak Min Klaten menjadi bagian dari hotel adalah yang pertama kalinya. Ia meyakini, konsep ini tidak akan mengubah identitas Sop Pak Min Klaten sebagai kuliner rakyat.Di daerah lain, kuliner ini biasanya berbentuk warung makan biasa.

Sop Ayam Pak Min Klaten kini hadir di Kota Batam, tepatnya di Ruko Limanda Blok C Nomor 10.

Sop Ayam Pak Min Klaten, merupakan masakan tradisional dari klaten, milik almarhum Pak Min, yang sudah menjadi warisan leluhur bagi keluarganya. Saat ini telah hadir di berbagai kota yang ada di Indoesia. Kehadiran Sop ini di Sumatra merupakan kali pertama.

Di Kota Batam warisan leluruh nusantara ini diprakarsai oleh Hartoyo bersama manajemen Sky Inn Hotel, Batuaji.

“Ini merupakan fasilitas baru bagi Sky Inn Hotel ,” ujar pemilik Sky Inn Hotel, Hastan.

Tujuan hadirnya masakan ini adalah sebagai menu kuliner bagi pengunjung dan juga untuk memberikan menu makan baru bagi warga Batuaji.

“Ide membuka usaha kuliner ini muncul karena rasa Sop Pak Min ini beda dari tempat lain,” kata Hastan.

Kini bagi wisatawan dan warga Batuaji tidak lagi susah memikirkan menu makan yang enak, dengan harga praktis sesui dengan isi kantong.

“Di Batuaji orang buka warung makan banyak, tapi yang memiliki rasa yang beda itu tidak ada,” ungkap Hastan.

Hartoyo menambahkan, untuk warga yang ingin mencicipi masakan nusantara ini, bisa datang kapan pun karena dibuka setiap hari, dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

“Untuk harga termurah nasi sop campur hanya Rp 8 ribu, termahal nasi sop pisah dada pechok hanya Rp 20 ribu,” kata Hartoyo.

Hartoyo mengatakan, untuk menjaga kenikmatan itu, Sop Ayam Pak Min Klaten dimasak oleh orang-orang yang propesional didatangkan dari Klaten langsung yang sudah dididik.

“Ada sembilan orang karyawan yang datang langsung dari Klaten,” ungkapnya.

Sementara itu, Kiswanto keluarga Pak Min dari Klaten yang dipercayai untuk mengawas di Batam mengatakan, masakan kuliner ini selalu dijaga kelezatannya, karena sebagian rempah-rempah yang digunakan didatangkan dari Kalten langsung.

“Sebagian kami cari di Batam,” kata Kiswanto.

Rasa yang membuat nikmat terletak pada ayam. Dimana ayam yang digunakan adalah ayam potong bertelur merah, karena kelezatan terletak pada kaldunya.

“Direbus selama dua jam paling cepat,” ujarnya.

Source pegimakan.id www.tribunnews.com
Comments
Loading...