Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Banjarmasin Kalimantan Selatan

Indonesia memiliki aneka ragam kuliner yang sangat menggoda sekaligus menggugah selera. Setiap daerah di Tanah Air memiliki kuliner khasnya masing-masing.
Seperti Padang dengan rendang dan satenya yang gurih, Palembang dengan pempeknya yang lezat hingga Manado dengan olahan Cakalangnya yang nikmat.
Namun dari sekian banyak hidangan kuliner khas nusantara yang ada, soto menjadi makanan khas Indonesia yang memiliki paling banyak variasi dan amat digemari oleh semua orang.
Sebut saja soto Betawi, soto Padang hingga soto Lamongan. Semua menawarkan kekayaan cita rasa khas masing-masing.
Namun pernahkah kamu mencicipi kenikmatan soto khas Banjarmasin? Berbeda dengan olahan soto lain yang biasa kamu temui, soto Banjarmasin menggunakan lontong dan campuran telur itik sebagai kunci kelezatan rasanya.

Satu yang paling terkenal dan jadi destinasi kuliner favorit wisatawan kala berkunjung ke Negeri Seribu Sungai ini adalah Soto Banjar Bang Amat. Rumah makan yang satu ini terletak di jalan Banua Anyar No. 6, Banua Anyar, Banjarmasin Timur.
Kedai soto yang satu ini memiliki bangunan tradisional yang terbuat dari kayu bercat hijau yang cukup luas. Selain kenikmatan kuah sotonya, satu hal yang menjadikan Soto Banjar Bang Amat istimewa adalah pemandangan Sungai Martapura yang menghampar luas pada bagian belakang restoran.
Jadi, kamu bisa mencicipi soto khas Banjarmasin ini sembari menyaksikan indahnya pemandangan alam.


Tiada duanya!
Jika sedang tak ingin minum es kelapa muda, juga es teh, es campur, dan es sirup yang bisa kamu jadikan pilihan.
Untuk seporsi soto dihargai Rp 23 ribu, sedangkan setengah porsi Rp 18 ribu. Perbedaan terletak dari jumlah lontongnya. Sang pemilik restoran juga sempat bercerita bahwa saat pertama dibuka pada 2001 lalu, seporsi soto Banjar hanya dihargai Rp 5 ribu saja.

Kini, Soto Banjar Bang Amat ramai diserbu penikmatnya yang mayoritas didominasi oleh kaum pekerja kantoran dan turis. Dalam sehari, Shafwati bisa menghidangkan 500 hingga 600 porsi soto. Sedangkan pada waktu libur, jumlahnya bisa meningkat hingga 1000 hingga 1500 porsi. Luar biasa!
Hal ini dirasa cukup wajar, jika mengingat restoran ini memiliki lahan cukup luas dan mampu menampung hingga 300 pelanggan dalam sekali duduk.

Photo Umparan

Setiap Rabu dan Jumat, kamu akan menemukan sekelompok musisi setempat yang melantunkan merdunya musik Panting khas Banjarmasin. Harmoni alat musik gendang, kecapi, gong, biola, hingga krecek akan menyemarakkan santap siang kamu. Pertunjukan musik ini dimainkan sejak pukul delapan pagi hingga lima sore.

Tertarik untuk menikmati Soto Banjar Bang Amat saat berkunjung ke Banjarmasin? Restoran ini buka mulai pukul delapan pagi hingga setengah lima sore.

Source pegimakan stephanie-elia
Comments
Loading...