Soto Pekalongan Pak Tjarlam, Jakarta

Soto Pekalongan Pak Tjarlam

Soto Pekalongan Pak Tjarlam mulai berjualan sejak tahun 1950, sebagaimana disebutkan di signage Waroeng Soto Legendaris Pak Tjarlam Pekalongan. Warung makan ini juga telah membuka cabang di Jl. H. Juanda, Jakarta. Jadi, warga Jakarta tak perlu jauh-jauh ke Pekalongan ya, tuk mencicipi soto legendaris ini.

Warung makan Soto Pekalongan Pak Tjarlam di Jakarta, menempati ruko bertingkat. Ruangan di lantai dasarnya tidak begitu luas. Hanya ada tempat menyiapkan sajian makanan dan minuman, beberapa meja dan bangku untuk bersantap dan kasir untuk melakukan pembayaran. Ada juga ruang makan di lantai 2.

Nasi megono cumi hitam dan soto campur yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp.40.000. Untuk minumannya seharga mulai dari  Rp.5.000 dan refillable. Nasi Megono Cumi Hitam, merupakan sajian khas Pekalongan. Hidangan ini berupa nasi putih hangat yang disajikan bersama sayur megono, yaitu sayur nangka muda yang dicacah halus, dibumbui lalu dikukus. Penyajiannya ditambah dengan lauk cumi hitam, cumi yang dimasak dengan menggunakan tinta cumi itu sendiri selain menggunakan rempah yang khas.

Soto Campur, secara penampilan mirip dengan soto-soto lainnya. Tapi kuahnya tidak bening dan tidak kental. Berwarna agak kemerahan, soto ini sangat terasa tauconya ketika pertama menyeruput kuahnya. Terdiri dari mie putih (seperti bihun tapi agak kenyal), jantung, babat, lidah, usus, otot (macam-macam jeroan sapi), dan dengan taburan daun bawang di atasnya.

Selain terasa tauco, Soto Pekalongan ini kuahnya segar, tidak eneg meskipun penampakannya seperti banyak minyak (merah di permukaan kuah). Tersedia juga menu khas Jawa lainnya di yang bisa dicicipi di warung ini, seperti rawon dan pecak.

Source https://www.kulinerasyik.com/ https://www.kulinerasyik.com/resto-asyik/soto-pekalongan-pak-tjarlam/
Comments
Loading...