Sugeban Alianyang, Tempat Makan Murah Di Pontianak

Sugeban Alianyang

Suka makan di luar? Kebanyakan dari kita lebih memilih sajian paketan, karena jelas lebih murah dan simpel. Ingin makan dengan paket hemat bersama teman-teman? Agaknya Anda dan teman-teman maupun keluarga bisa mencoba mengunjungi Sugeban Alianyang yang berlokasi di Jalan Alianyang Pontianak.

Rumah makan yang satu ini sedikit berbeda dari rumah makan pada umumnya. Dengan mengkolaborasi tiga konsep sekaligus, yakni lounge, family, dan anak muda, mereka tampil beda.

Sugeban, itulah namanya. Tempat makan ini berdiri sudah lebih dari dua puluh tahun. Namun sampai sekarang masih eksis dan mampu bertahan seiring dengan makin menjamurnya tempat makan di Kota Pontianak.

Ada dua rumah makan Sugeban yang bisa dikunjungi yaitu di Jalan Teuku Umar dan Jl Alianyang. Sugeban yang berada di Teuku Umar, paling lawas berdiri dibandingkan yang di Jl Alianyang.

“Kalau di Alianyang baru setahun lebih. Dan di sini sengaja kita desain berbeda dari sebelumnya. Targetnye lebih ke kelas menengah ke bawah atau boleh dikatakan untuk semua kalangan,” ungkap Randhy Tirtana, Owner Sugeban.

Suasana menarik dari Resto, Cafe and Celebration Sugeban di Alianyang, adalah terletak pada konsep yang mereka suguhkan. Mereka membagi area tertentu untuk konsep yang berbeda. Yaitu pada di lantai pertama bagian kanan ruangan di desain khusus untuk para eksmud (eksekutif muda), di mana bersifat lebih formal. Area ini kerap dijadikan tempat meeting dan pertemuan formal.

Sedangkan di area bagian tengah, dikhususkan untuk mereka yang datang bersama keluarganya. Dirancang dengan tempat duduk lesehan dan pemandangan taman yang sangat asri. Sehingga ketika Anda dan keluarga makan di sana menjadi betah alias kerasan.

Beda lagi pada bagian belakang area. Area ini khusus untuk anak muda atau remaja. Didesain dengan konsep yang romantis. Yakni bisa melihat kolam ikan dan gemericik air mancur. Saat di malam hari, area ini dihiasi dengan pijarnya sinar candle (lilin) yang membuat suasana semakin romantis. Setiap Sabtu malam, mereka memberikan hiburan live music khusus untuk memanjakan konsumennya.

Khusus lantai dua, ruangannya lebih private. Biasanya digunakan untuk meeting besar.

Dari segi makanan yang disuguhkan, mereka pun menyesuaikannya dengan konsep diusung. “Kita di sini mengangkat konsep makanan kontinental. Artinya kita ada menyediakan makanan nusantara, chinesse food dan aneka kudapan western yang telah diinovasi sesuai lidah masyarakat di sini,” terangnyá.

Beberapa makanan unggulan mereka yaitu ayam sugeban yang sangat khas dari dulu sampai sekarang, asam pedas, dan pakis asap. Tidak sah rasanya jika bertandang di Sugeban tanpa mencicipi ayam sugeban mereka yang khas.

 Sudah puluhan tahun, citarasa yang mereka suguhkan tidak pernah berubah. Bumbunya sangat kaya akan rempah-rempah dan ditambah lagi sambalnya yang gurih, manis dan pedas melengkapi kelezatannya.

“Kami senantiasa berusaha semaksimal mungkin menjaga kualitas dari ayam yang dimasak. Kami memanfaatkan ayam yang selalu fresh (segar). Tentunya ayam yang segar, rasanya akan jauh lebih enak,” tambahnya.

Asam pedasnya juga tidak kalah enaknya. Kuahnya tidak terlalu cair dan kental. Perpaduan rasa asam, manis dan pedas sangat pas. Satu sama lain saling menonjol. Dari pilihan ikan, ada empat jenis ikan yañg disùguhkan. Di antaranya ikan senangin, bawal hitam, nila dan kakap.

Pakis asap, salah satu santapan yang paling favorit ini selalu menarik perhatian banyak orang. Di mana pakis asap disajikan saat masih panas dan banyak kepulan asapnya. Belum lagi aromanya yang wangi menggugah selera makan bagi siapapun yang menciumnya.

“Kadang saat kita menyajikan pakis asap ini ke meja lain, mereka yang melihatnya juga tertarik ingin menikmatinya. Biasa mereka pesan dengan menu yang sama,” pungkasnya.

Dari ketiga menu unggulan tadi, masih banyak aneka makanan yang dapat Anda pilih. Selain itu mereka menyediakan menu paket untuk anak muda. Yaitu dengan harga yang sangat terjangkau. “Di sini kami juga menyediakan menu celebration seperti perayaan ultah, seminar, arisan, wedding dan sebagainya. Jadi bisa reservasi atau hubungi di (0561) 767128, kami akan melayani Anda,” tuturnya.

Kali ini, Sugeban menghadirkan paket hemat Rp 100 ribu untuk 4 orang. Jangan khawatir, hanya dengan Rp 100 ribu, Anda sudah mendapatkan paket lengkap dan dijamin kenyang.

Owner Sugeban Alianyang, Randi Tirtana, mengatakan paket ini adalah yang terbaru dari Sugeban Alianyang, sajian ini khusus diperuntukkan bagi Anda yang datang beramai-ramai apakah itu dengan saudara maupun teman-teman.

“Kami menghadirkan paket hemat hanya dengan Rp 100 ribu sudah dapat nasi, lalapan, sayur yang bisa dipilih apakah kangsung ataupun pakis, lalu ayam bakar seekor atau ikan nila bakar 4 ekor. Dan satu lagi, paket ini sudah lengkap dengan es teh untuk berempat,” ungkapnya.

Sajian ini juga disajikan dengan cukup unik yaitu hanya beralaskan kertas alas kemudian ayam, ikan beserta sayuran lainnya diletakkan diatas daun pisang tanpa piring. Sajian inipun dimakan dengan menggunakan tangan, ditambah lagi dengan suasana restoran yang sejuk dan nyaman menambah nafsu makan anda.

Ikan nila dan ayam dibakar dengan bumbu yang benar-benar meresap hingga ketulang. Manis dan pedasnya pas untuk anda yang tak menyukai makanan pedas, untuk anda yang gemar pedas tenang saja ada sambel yang bisa dicocol saat anda makan, mau kecap atau sambel bisa sesuai sekera anda.

Makanan lain tentu masih ada di Sugeban Alianyang sehingga Anda yang hanya ingin melepas penat dapat menikmati sajian lain selain ayam dan ikan bakar. Minuman juga beragam, yang paling khas ada Dare Pontianak.

Dare Pontianak merupakan minuman yang terdiri dari susu dan agar-agar. Soal kesegaran jangan ditanya, meski terdiri dari susu tapi minuman ini mampu menyegarkan tenggorokan anda yang kehausan karena cuaca kota Pontianak yang menggila akhir-akhir ini.

Tak suka susu? Ada lemon tea yang tetap jadi idola, black current squash dan lain sebagainya yang sama-sama bisa melegakan tenggorokan anda. Ingin mencoba? Silahkan datang ke Sugeban Alianyang dan buktikan kelezatannya.

Buka

09.30-22.00

Source Pegimakan.id Trimbunnews
Comments
Loading...