Sultan Resto: Uniknya Patin Bakar dan Pindang Ikan Senangin yang Sedap

Resto Sultan

Pekanbaru, Riau dikenal dengan hidangan Melayu yang sarat bumbu. Kalau ingin mencoba kelezatannya, mampirlah ke restoran ini. Salah satu restoran khas Melayu yang bisa disinggahi adalah Sultan Resto yang ada di kota Pekanbaru. Nuansa khas Melayu terasa kuat dengan hadirnya hiasan dinding sejarah kota Pekanbaru dan peta Sungai Siak. Restoran ini memiliki ruang makan bergaya keluarga yang luas dan nyaman. Selain hidangan khas Melayu, juga ada beberapa jenis hidangan Minang.

Untuk hidangan Melayu disajikan a la carte, dipilih sesuai selera. Sedangkan untuk makanan Minang disajikan langsung di meja, seperti halnya rumah makan Minang umumnya. Untuk hidangan Melayu kami memilih Ikan Patin Bakar Bumbu (Rp. 88.000,-), Salais Goreng (Rp. 45.000,-), Pindang Senangin (Rp. 60.000,-), tak lupa Sambal Terong Asam (Rp. 15.000,-) yang menjadi primadona. Sementara itu hidangan khas Minang yang disajikan cukup beragam Ada Ayam Lado Mudo, Ayam Bakar, Rendang, Udang Tumis, hingga buah-buahan segar. Aroma wangi bumbu hidangan Minang sudah menggoda kami. Apalagi saat Ikan Patin Bakar Bumbu disajikan. Ikan ini dibungkus daun pisang dan dimasukkan dalam bilah bambu baru dibakar. Ketika bilah bambu dibuka, aroma wangi bumbu beradu dengan aroma daun pisang dan bambu. Ikan patin dibalut dengan bumbu merah dengan irisan bumbu dan daun kemangi. Wah, menggoda sekali!

Kali ini bukan ikan patin tetapi ikan senangin yang diolah jadi pindang. Pindang Senangin merupakan masakan melayu khas Meranti atau Bengkalis. Menggunakan ikan senangin yang banyak ditemukan di perairan Riau.Tekstur ikan patinnya kokoh, sangat lembut dengan bumbu yang pedas gurih menyengat. Sementara lapisan lemaknya di bagian perut memberi rasa lembut gurih. Ikan patin memang jadi andalan kuliner Melayu. Umumnya diolah menjadi pindang berkuah pedas asam.

Potongan ikan senangin terendam kuah bening dengan irisan cabei merah, daun jeruk, daun salam, serai, dan irisan bawang putih. Rasa kuahnya kecut segar dari belimbing sayur segar. Ikan senangin juga lembut gurih, tak kalah enak dengan ikan patin. Nah, yang paling bikin penasaran adalah Ikan Salais atau Selais Goreng. Ikan ikonik Riau ini hidup di air tawar. berbentuk pipih memanjang runcing, berwarna bening dengan sisik.

Terong ini dibakar hingga layu kemudian dicampur dengan cabe rawit, bawang merah, dan terasi bakar. Rasanya pedas, segar, dengan semburat asam dari terong asam bakar.Ikan ini biasanya dibelah membujur lalu diasap. Proses pengasapan ini membuat ikan menajdi kering dan berwarna kecokelatan. Biasanya ikan ditumis atau digoreng sebentar sebelum disajikan.

Di Sultan Resto ikan salais disajikan dengan sambal cabe merah yang digerus kasar. Mirip balado Minang yang disiramkan ke atas ikan. Rasa krenyes renyah kulir ikan terasa enak dengan paduan sambalnya. Sementara daging ikan yang lembut garing dengan aroma smoky yang harum juga menambah sedap sajian sederhana ini.

Hasil gambar untuk Uniknya Patin Bakar dan Pindang Ikan

Satu lagi sambal khas Melayu, Sambal Terong Asam juga menantang selera. Sambal ini sesuai dengan namanya dibuat dari terong asam, jenis terong khas Riau yang bulat sedikit ovel. Kalau belum puas menyantap hidangan Melayu, Anda bisa memilih hidangan lainnya seperti Telur Dadar Barendo, Gulai Asam Pedas Baung Sultan, hingga Senangin Tauco. Jika ke Pekanbaru, selain ngopi enak dengan roti bakar srikaya dan jajan aneka mie, hidangan Melayu wajib dicicipi. Rasa gurih, pedas dan asam hidangan ikan air tawarnya dijamin bikin tambah nasi hangat.

Hasil gambar untuk Uniknya Patin Bakar dan Pindang Ikan

Resto Sultan

Jl. Ronggo Warsito, Suka Maju.
Sail, Kota Pekanbaru.
Telepon: 081317571976
Jam Buka: 07.00 – 22.00

Source https://food.detik.com https://food.detik.com/resto-dan-kafe/d-4112949/sultan-resto-uniknya-patin-bakar-dan-pindang-ikan-senangin-yang-sedap

Leave A Reply

Your email address will not be published.