Surabi Suryalaya, Alternatif Surabi Enak Di Bandung

Surabi Suryalaya, Alternatif Surabi Enak Di Bandung

Surabi menjadi salah satu kuliner yang paling identik dengan kota Bandung. Cita rasa yang berbeda dari serabi jawa, justru mendulang penggemar dari berbagai wilayah nusantara. Tak pelak, penganan satu ini wajib disantap ketika berada di ibu kota Jawa Barat.

Banyak penjual surabi di Bandung yang sudah sangat populer dan bahkan beberapa diantara pernah diliput televisi, seperti surabi imut. Tapi penjual surabi di Bandung tak terhitung jumlahnya, masih banyak tempat lain menyajikan pannekoek sunda yang tidak mainstream dengan harga yang masih masuk akal. Alternatif surabi yang patut dicoba berada di Jalan Suryalaya Raya. Penjual surabi ini masih ala kaki lima dan biasa mangkal di dekat jembatan yang mengarah ke Jalan Pasirluyu Selatan.

Tempatnya tidak besar, terdiri dari meja dan bangku kayu panjang. Peralatan masaknya berupa tungku tanah liat dan menggunakan kayu bakar. Takaran antara tepung beras dan kelapanya pun sungguh pas sehingga menghasilkan surabi yang gurih dan lembut. Cara memasak dengan menggunakan tungku tanah liat dan kayu bakar pun memberikan aroma tersendiri serta bagian bawah kue yang garing namun tidak gosong.

Hasil gambar untuk Surabi Suryalaya

Surabi Suryalaya ini menyajikan beragam varian rasa modern seperti cokelat, pisang, pisang susu, strawberry, nangka, juga sosis. Namun unggulannya tetap cita rasa original seperti surabi polos kinca, oncom, dan telur oncom. Gula yang digunakan untuk saus kinca berasal dari gula aren, kemudian jika tidak ingin terlalu manis bisa dicampur dengan santan encer.

Surabi oncomnya cukup pedas dengan oncom melimpah tak hanya di permukaan tetapi juga bagian dalam surabi. Bagi yang kelaparan silahkan memesan surabi telor, dimana telor dikocok terlebih dahulu kemudian dituang dalam adonan surabi dalam tungku dan kembali diaduk agar merata. Jika ingin pedas bisa ditambahkan dengan oncom. Hasilnya ukuran surabi menjadi lebih besar dan tentu saja padat, cukup mengenyangkan.

Anda dapat mengunjungi kios Surabi Suryalaya mulai jam 17.00 – 21.00, namun tak jarang sebelum pukul 21.00 pun surabi sudah habis terjual. Harganya pun cukup ramah dikantong, berkisar Rp. 2.000 – Rp. 8.000. Untuk mencapai tempat ini pengunjung dapat naik angkot rute Elang – Gedebage atau Gedebage – Elang dan minta turun di Jalan Suryalaya. Kemudian Anda hanya perlu berjalan sedikit melewati jembatan.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/surabi-suryalaya-alternatif-surabi-enak-bandung/
Comments
Loading...