Tahu Pojok Magelang, Mengenang Masa Lalu

Tahu Pojok Magelang, Mengenang Masa Lalu

Makanan yang mejadi salah satu ciri khas kota Magelang, yang dinamakan Tahu Pojok. Ikwal penamaan Tahu Pojok karena warung ini menjajakan dagangannya di pojok Alun – alun Magelang yang telah ada sejak tahun 1952. Tahu Pojok merupakan sebutan warung tersebut yang menjual kupat tahu. Keberadaan warung tersebut kini telah berpindah dari pojok Alun – alun Magelang.

Sekarang warung pojok ini terletak di Jalan tentara pelajar Kios no. 14 Magelang yang merupakan jalan satu arah dari arah Akademi militer (Akmil) yang menuju ke Alun – alun kota Magelang. Selain nama tempat makan yang unik, pemilik warung inipun namanya cukup singkat yakni bu Setu.

Sebenarnya banyak penjual makanan sejenis yakni kupat tahu namun kios milik bu Setu inilah yang selalu ramai dikunjungi. Mungkin yang menjadi alasan adalah selain menu kupat tahunya memiliki racikan bumbu yang pas sehingga terasa enak dan juga sembari mengenang masa lalu saat di kota Magelang.

Kupat tahu sekilas memang makanan yang isinya hanya kupat dan tahu. Tahunya digoreng dengan menggunakan api yang berbahan bakar arang yang kemudian dipotong – potong ditambah sayuran berupa kol dan tauge serta diberi bawang goreng yang kemudian disiram dengan bumbu kacang plus cabai, gula merah dan disajikan dengan ketupat. Tingkat kepedasan pun menurut selera pembeli tergantung dengan berapa cabai yang diminta. Dengan beberapa lauk lain yang disajikan dimeja maka kupat tahu akan makin lezat dinikmati bersama sate udang goreng yang harga pertusuknya hanya Rp. 2.000,- saja.

Sedang harga untuk kupat tahunya sendiri sangatlah murah tidak sampai merobek kantong hanya Rp. 9.000,- saja. Sebelum isu kenaikan BBm justru hanya seharga Rp. 7.000,-. Warung ini buka mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB setiap harinya.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/jenis-makanan/indonesian-food-jenis-makanan/tahu-pojok-magelang-mengenang-masa-lalu/
Comments
Loading...