Tahu Teck Teck Kuliner khas surabaya

Tahu Tek adalah salah satu masakan khas kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu diulek, yaitu ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu (bentuknya seperti mangkuk besar), sampai bumbu ini harus sangat kental. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli sesuai dari daerah asalnya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).

Dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.

Pada mulanya hidangan ini oleh penjual tahu tek dihidangkan dengan porsi terbanyak adalah tahu goreng setengah matang yang digunting kecil-kecil dan kentang, untuk perkembangan sekarang dalam menghidangkan, si penjual tahu tek memberi lontong yang digunting-gunting kecil sebagai bahan terbanyak untuk satu porsi makanan tahu tek. Tahu tek merupakan makanan yang ditawarkan keliling karena belum pernah ada warung yang menyediakan makanan tahu tek ini.

Sebagai salah satu kuliner khas Surabaya, yang namanya penjual tahu tek tersebar disegala penjuru kota ini. Kuliner ini sangat mudah ditemukan, baik yang penjual gerobak, warung kaki lima, bahkan dapat dijumpai dalam daftar menu di resto berkelas .

Salah satunya yang kondang di Surabaya ini, Tahu Tek Pak Ali, Pak Jayen, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, kali ini yang akan saya bahas adalah Tahu Teck Teck Pak Ali. Tahu tek legendaris dan terkenal ini juga sebagai jujugan para artis yang sedang mampir di Surabaya.

Lokasinya Jl. Dinoyo No. 147 A, Surabaya seberang Pujasera dan Toko Roti Suzana

Buka dari jam 09.00 sampai dengan selesai, Tahu Teck Teck Pak Ali ini berada dalam sebuah warung semi permanen sederhana , tempatnyapun tidak terlalu luas dengan keber kain di depannya, sangat mudah untuk dikenali jika kita melintasi Jalan Dinoyo.

Seporsi tahu tek seharga Rp 14.000  ini berisi potongan tahu, lontong, kentang, dan telur (opsional) , kemudian disiram dengan bumbu kacang yang diuleg dengan petis dan bumbu lainnya, lalu disiramkan diatasnya. Jangan lupa menyantapnya bersama krupuk tahu yang renyah dan gurih. Hmm.. siapa yang bisa menolak kelezatan ini? Oh ya, salah satu keistimewaan dari Tahu Teck Teck Pak Ali ini adalah bumbunya yang pekat, jadi kalau kurang cocok di lidah, Sobat Sukul bisa minta ke penjualnya untuk mengurangi kepekatan bumbunya. Sedap, mantap, dan direkomendasikan untuk dikunjungi.

Sumber info : www.surabayakuliner.co.id

pegimakan.id

 

 

Comments
Loading...