Tajin Palappa, Makanan Tradisional Khas Situbondo Jawa Timur

Ngomongin soal Kabupaten Situbondo, ngga lengkap rasanya kalo hanya mengetahui tentang wisata Pantai Pasir Putih dan Taman Nasional Baluran saja. Yah sekarang kita mengenal lebih dekat lagi yuk dengan makanan tradisional atau makanan khas di Kabupaten Situbondo ini.

Yah namanya Tajin Palappa. Nah apa itu? Tajin Palappa itu sejenis bubur. Kalo dari arti sebenarnya, Tajin itu berarti bubur dan Palappa itu berarti Bumbu. Nah Tajin Palappa itu istilah dalam bahasa Madura. Karena mayoritas warga Situbondo adalah suku Madura, makanya bahasa yang digunakan di daerah kabupaten Situbondo adalah bahasa Madura.

Tapi ada juga yang memakai bahasa Jawa, yah sekitar 20% warga Situbondo menggunakan bahasa Jawa. Nah warga yang menggunakan bahasa Jawa inilah umumnya adalah pendatang.

Oke lanjut lagi dengan pembahasan makanan khas Situbondo “Tajin Palappa”.Memang sama sih sama bubur, tapi bedanya Tajin Palappa itu lebih khas, enak maknyus sangat, dan unik. Yah seperti artinya, Tajin Palappa yang berarti bubur bumbu ini bentuknya yah bubur, dengan kuah berupa bumbu pecel tapi lebih encer daripada bumbu pecel yang biasanya lebih kental bentuknya.

Nah bumbu pecel ini digunakan sebagai bumbu bubur Tajin Palappa. Selain itu hiasan khas Tajin Palappa berupa sayuran (sayuran yang sering dipake adalah sayur kangkung dan toge) serta bakwan-sejenis gorengan (Nah di Situbondo ini jenis gorengan tersebut biasa dinamakan bakwan, Hongkong, dan terem. Tapi kalo secara nasional, jenis gorengan ini dinamakanbakwan). Jadi,saat Tajin Palappa dihidangkan, pertama-tama bubur dulu yang dimasukin ke mangkok/piring, kemudian sayuran, lalu ditirisin bumbu Palappa mirip bumbu peccel, terus ditambahin hiasan bakwan yang dipotong kecil-kecil. Jadilah Tajin Palappa yang siap dinikmati.

Tapi ada juga Tajin Palappa yang disantap dengan tambahan kerupuk. Bener-bener maknyus. Hayoo yang belom nyobain Tajin Palappa mari berkunjung ke Situbondo. Hump makanan khas ini langka loh, hee lupa belom cerita. Jadi hanya beberapa saja yang jualan Tajin Palappa. Yah biasanya sii yang jualan adalah pedagang kaki lima yang di trotoar ato dipinggir jalan seperti di jalan cendrawasih, jalan kenanga, jalan semeru, dan lainnya adalah orang yang jualan Tajin Palappa di rumah-rumah.

Tapi kalo PEMDA Situbondo melalui Dinas Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Disperindag Kab. Situbondo)serta Dinas pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora Kab. Situbondo) kalo lagi ngadain acara festival makanan ato yang berbau festival, baru dehh satu dari banyaknya stand yang ada dalam festival, pasti ada yang jualan Tajin Palappa. Biasanya kalo ada festival, lokasi stand-stand dalam festival berlokasi di Alun-alun Kota Situbondo atau di Stadion Abdurahman Shaleh.

Tentang harga Tajin Palappa, yah tergantung yang jual matokin harga hingga harganya pun beragam. Kisaran harga Tajin Palappa mulai dari 2.000 rupiah hingga4.000 rupiah. Murah bukan? Yah emang murah Tajin Palappa itu dan makanan khas yang emang beneran wuenak ..

Source Pegimakan.id www.kompasiana.com
Comments
Loading...