Tauco Cap Meong, Oleh-oleh Khas Dari Cianjur

Tauco Cap Meong, Oleh-oleh Khas Dari Cianjur

Cianjur bisa menjadi salah satu tujuan wisata saat kamu merindukan alam. Tak hanya itu, kamu juga bisa berburu oleh-oleh yang cukup legendaris di Indonesia. Tauco yang telah berumur lebih dari satu abad ini dikenal menjadi oleh-oleh wajib ketika liburan ke kota yang dingin ini. Tauco Cap Menong merupakan salah satu jenis makanan khas Cianjur yang berasal dari kebudayaan Cina. Terbuat dari kacang kedelai pilihan yang diproses secara tradisional, Tauco Cap Meong ini berasa sangat enak dan gurih. Seringkali orang mengkonsumsi tauco sebagai sambal atau teman makan nasi.Tauco biasanya digunakan untuk cocolan ketika makan tahu atau lumpia, bahkan sebagai bahan masakan.

Bagi warga Cianjur sudah tak asing lagi dengan oleh-oleh legendaris satu ini. Apalagi kalau bukan Tauco Cap Meong yang diproduksi secara turun temurun. Berbagai toko makanan khususnya makanan khas Cianjur menjual tauco tersebut dengan berbagai ukuran botol yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Pabrik tauco tertua di Cianjur adalah pabreik Tauco Cap Meong yang didirikan pada tahun 1980. Tauco yang di produksi oleh keluarga Ny Tasma atau Tjoa Kim Nio. Kerennya lagi, resep untuk bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai ini masih tetap sama seperti pertama dibuat, yaitu tahun1880-an. Sedikit berbeda dengan lainnya, harga untuk sebotol tauco dengan ukuran 350 ml dibandrol dengan harga Rp16.000. Sedangkan ukuran 200 ml hanya Rp12.000.

Tauco Cap Meong ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pria keturunan Tionghoa bernama Tan Ken Hian. Bisnis tersebut dilanjutkan oleh istrinya yang tidak lain adalah Ny. Tasma setelah mendirikan toko di Jalan HOS Cokroaminoto No 160. Kendati telah mengalami pergantian pengelola, bisnis ini tetap bertahan hingga generasi ke-4. Nah, jika kamu berkunjung ke toko oleh-olehnya yang berada di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, kamu dapat melihat beberapa peninggalan foto semasa hidup keluarga Ny.Tasma.

 

Harga Tauco Cap Menong

  • Harga untuk sebotol tauco dengan ukuran 350 ml dibandrol dengan harga Rp16.000.
  • Harga untuk sebotol tauco dengan ukuran 200 ml dibandrol dengan harga Rp12.000.

Lokasi Toko Tauco Cap Meong berada di Jalan HOS Cokroaminoto No 160. Dan Nama Toko Tauco Cap Meong Alamat: Cijedil, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Jam buka: 08.00–17.00

Source http://www.reresepan.com/ http://www.reresepan.com/tauco-cap-meong-oleh-oleh-khas-dari-cianjur/
Comments
Loading...