Tempat Kuliner Khas Makassar di Depot Pangkep Kota Maluku

Depot Pangkep Maluku

Buat orang orang pencinta Mie Titi ( Mie kering khas Makassar ) dan kangen makanan ini dan saat ini berada di kota Ambon Manise. Dapur Pangkep Coto Makasar ada 2 ruko yang bergandengan di lantai 2

AMBON PLAZA, depan musholla, gampang kok mencarinya, kebanyakan pedagang di lantai 2 diatas itu komunitas orang Bugis dari Pangkep  ( Pangkajene Kepulauan ) salah satu kabupaten yang tak jauh dari Makassar.

Alamat: Jl. Sam Ratulangi,ambon plaza lantai 2 blok K,  Kel. Honipopu, Kec. Sirimau, Kel Honipopu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku

Tak jauh dari Pelabuhanan, konon sebelum kerusuhan social tahun 1999 meletus Ambon Plaza adalah salah satu pusat pertokoan utama di Ambon, dan menjadi satu satunya, lantai 1 nya ada FoodMart supermarket yang merupakan bagian dari Hypermart dan lantai 2 ada Matahari Mall, ada KFC . Ya STUDIO 21 yang bayar tiket Cuma Rp 15 k, memang studio nya tua dan ala kadarnya tapi film baru kadang ada.

Dulu sebelum XXI di Ambon City Centre belum ada semua orang nontonya ke Amplaz ( Ambon Plaza), sayang sekali per tanggal 1 Jan 2017 Studio 21 Ambon Plaza ditutup secara resmi karena kemungkinan tak memungkinkan operasional lagi .

Menu Depot Pangkep

Selain Coto Makassar dan Sop Konro, Mie Kering adalah kuliner wajib yang harus Anda coba saat berkunjung ke Makassar.

Mie Kering yang juga dikenal dengan nama Mie Titi ini adalah makanan yang terbuat dari mie yang digoreng kering dan disiram dengan dengan kuah kental panas yang berisi ayam, udang, bakso, dan sayur sawi.

Kabid Destinasi Pariwisata Makassar Andi Karunrung  mengatakan,Mie Titi pertama kali diperkenalkan oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan China yang tinggal di Makassar.

Ia meracik makanan ini dengan mengadopsi resep kuno China, I Fu Mie. Ia pun menambah cita rasa bawang putihnya yang pekat dalam olahan Mie Titi hingga menjadi  makanan popular bagi masyarakat Makassar.

Titi sendiri, adalah nama panggilan Ang Kho Tjao yang berati adik laki-laki. Ia pun mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya, Hengky, Awa, dan Titi. Makanan ini pun mulai dikenal sejak tahun 1970-an.

Aslinya mie titi ini merupakan mie panggang, tidak digoreng dan berbahan dasar ayam kampung yang dimasak utuh per ekor dengan tujuan agar dapat memperoleh kuahnya sekaligus daging ayam yang telah matang. Setelah proses pemasakan ayam yang utuh ini selesai, daging ayam dipisahkan dengan tulangnya kemudian dicincang dalam ukuran tertentu.

Proses memasak mie titi pun dulunya menggunakan kayu bakau. Tetapi karena sulitnya mendapatkan kayu bakau maka digantilah dengan arang.

Mie Titi saat ini sudah masuk dalam daftar ikon kuliner Makassar yang diakui oleh Kementerian Pariwisata RI.

Di Makassar, Mie Titi banyak di jual oleh turunan Tionghoa, serta beberapa pedagang asal Bugis yang membuka usaha restoran di Makassar.

Penasaran dengan Mie Titi, ayo ke Makassar!

Harga menunya terlampir, jadi Dapur Pangkep menjual ragam makanan  khas Makassar, semua bahan bahan pun dikirim langsung dari Makassar termasuk jeruk nipis nya. Disitu juga ada coto Makassar yang menurut yang punya warung rasanya ya rasa khas Makassar. Beda sama coto Makassar di Ambon yang kuahnya cair.

Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus.Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.

Menu minuman Depot Pangkep

Jadi setelah coba SOP SAUDARA nya. Sop saudara khas pangkep adalah sebenarnya sop kuah daging bisa campur campur mau dalam –an atau yang lain hanya Daging saja iris tipis tipis kuahnya campuran santan dan mirip kari kental dan di beri perasaan jeruk nipis dan kecap,  hidung  yang meler langsung plong.

Oh ya,  seporsi mie titi tadi hanya Rp 23000 saja, di Makassar kan sudah mahal kisaran Rp 25 k ke atas apalagi porsi  besar.

Untuk sop saudara hanya Rp 17,000 murah itu belum termasuk nasinya yah. Di Dapur Pangkep juga mereka jual nasi ikan, indomie telur alias sarmento, Nasi Telur, Nasi Ayam Lalapan, Ada  pasangan buras untuk coto sampai nasi goreng juga ada. Komplit lah ya.. sayang  jauh dan susah parkir di siang hari kalau jam kerja.

Jadi kalau kangen mie titi di kota Ambon silahkan datang ke  tempat ini lumayan bisa mengobati kerinduan makan makanan favorit Makassar ya main ke Ambon Plaza lantai 2 , main main ke dapur pangkep dan  nikmati aroma makanan khas Makassar yang selalu sangat berasa.

Selamat mencoba!

Source pegimakan.id www.americanindonesian.wordpress.com
Comments
Loading...