Menikmati Gulai Ikan Patin Hm Yunus Di Riau

Jika berkunjung ke provinsi riau,salah satu kuliner yang paling di buru wisatawan adalah gulai ikan patin. Gulai pada umumnya terbuat dari daging kambing atau sapi, tetapi di Riau ada makanan khas yang disebut dengan gulai ikan patin.

Keberadaan kota Pekanbaru yang diapait oleh empat sungai yaitu Sungai Siak, Sungai Rokan, Sungai Kampar, dan Sungai Indragiri membuat daerah Riau mendapatkan pasokan ikan sungai cukup besar contohnya patin, gurame, nila, bawal, dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk membuat Gulai ikan tersebut diantara nya ikan patin pastinya,belimbing wuluh,tomat,daun kunyit,garam,lengkuas,serai. Sedangkan untuk bumbu halusnya yaitu cabai merah, bawang putih,bawang merah dan jahe.

Gulai ikan patin mempunyai ciri khas yaitu dari kuahnya yang bewarna kuning. Warna kuning ini didapat dari bumbu-bumbu yang dibuat saat memasaka gulai ikan patin. Kenapa ikan patin yang dibuat sebagai bahan utama gulai karena ikan patin mempunyai sedikit kolesterol dan rasanya yang nikmat.

 Pondok Patin HM.Yunus 

Bagi anda yang ada diseputaran bandara pekanbaru,tempat ini cukup dekat dengan bandara. Pondok Patin HM yunus terletak di Jl. Kaharuddin Nst No.1, Simpang Tiga, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Pondok Patin HM Yunus merupakan salah satu rumah makan khas Riau  legendaris di Pekanbaru. Menu gulai ikan patin yang dihidangkan terlihat menarik dengan warna yang segar. Tak hanya gulai patin, di atas meja juga tersaji menu lain, seperti gulai telur ikan, tumis tauge, tumis bayam, teri tempe balado, ikan salai gulai, goreng ikan pantau, tumis pakis, dendeng, salai goreng, terung, udang gulai, serta pilado salai.

Rumah makan pondok patin Hm yunus buka dari jam 09.00 sampai 21.00. Harganya pun cukup ringan dikantong yaitu untuk Nasi Rp.5.000,Kepala Patin Asam Pedas Rp.30.000,Ikan Patin Asam Pedas/ Goreng/ Bakar Rp.15.000,Gulai Telor Ikan Rp.20.000,Keripik Rp.7.500,Cabe/ Sambal Rp.4.000,Puding Rp.3.000,Buah Rp.4.000,Sup kerang Rp.25.000,Teri Bumbu Rp.10.000.

Selamat Mencoba..

 

Source Pegi Makan Gulai patin
Comments
Loading...