Tipat Blayag Khas Bali yang Bikin Nagih

Tipat Blayag merupakan salah Satu Kuliner Khas Bali Utara. Makanan ini juga merupakan menu unggulan dalam acara acara besar yang digelar di Buleleng.

Tipat Blayag adalah ketupat alias lontong yang dibungkus dengan janur. Dipakainya janur sebagai pembungkusnya karena memang kondisi geografi Bali Utara yang agak kering dan berpantai menyebabkan pohon kelapa mendominasi. Blayagrasanya sangat khas serta tidak terlalu lembek. Blayag Kuah adalah salah satu olahan Blayag yang paling banyak digemari sehingga menyebar ke seluruh Bali. Blayag disajikan dengan telor, ayam suir, toge/ lawar, sambal, kemudian disiram dengan kuah bersantan mirip kuah kare dan ditaburi dengan kedele goreng. Rasanya benar-benar bervariasi mulai dari gurih, sedikit manis, dan pedas.

Cara pembuatan Tipat Blayang cukup mudah yaitu semua rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu tipat blayag dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Setelah itu, bahan-bahan untuk bumbu tersebut baru diulek dan dicampurkan dengan tepung beras sampai menjadi bumbu kental beraroma rempah. Selain blayag dengan ketupat dari beras putih biasa, ada juga yang menggunakan tipat beras hitam. Tipat beras hitam dinilai lebih bergizi karena mengandung antioksidan, vitamin E, dan kadar gula lebih sedikit dibandingkan beras putih.

Salah satu penjual Tipat Blayag yang cukup terkenal yaitu Warung Bu Agus yang terletak di Jalan Tukad Yeh Aya No. 44, Panjer, Denpasar Selatan, Dauh Puri Klod, Denpasar, Kota Denpasar, Bali.  Untuk satu porsi Blayag Kuah hanya dihargai Rp.7000. Warung Bu Agus buka mulai jam 4 sore sampai dengan jam 2 pagi.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Tipat Blayag
Comments
Loading...