Warung Annisa 88

Warung Annisa 88

Keluar dari gerbang Bandar Udara Tampa Padang, yang terletak di Kampung Jati,Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat. Di sebuah warung bernama Annisa 88, pemilik warung, Nurhasnah, sibuk menjaga jajaran ikan berbagai jenis di atas bara yang dibuat dari sabut kelapa. 

Walau ikan diasap tanpa menambahkan bumbu apa pun, wangi asap sabut kelapa ditambah tampilan ikan yang matang sempurna segera saja membangkitkan selera. Ikan yang tersedia di warung Annisa 88 bisa dibilang sesuai musim, sehingga bisa jadi tidak ada jenis ikan tertentu di warung ini. Ikan segar yang berlimpah di Mamuju membuat harga ikan terbilang ramah di dompet. Seekor ikan tuna asap berukuran sekitar 30 cm cukup dihargai Rp 25.000 saja. Sementara satu ekor ikan tongkol dengan panjang sekitar 25 cm dibanderol Rp 10.000.
Dua jenis sambal disediakan Nurhasnah, satu sambal dengan belacan atau terasi, satu lagi sambal dabu-dabu yang selain pedas juga terasa asam dan segar. Selain nasi, di tempat ini juga tersaji buras, semacam lontong tanpa isi yang terbuat dari beras. Ada pula jepa dan gogosJepa terbuat dari parutan ubi kayu, kadang juga dibuat dari sagu. Gogosseperti buras, namun memakai ketan. Kadang disediakan juga sokol ubi atau puti-puti. Terbuat dari singkong parut ditambah parutan kelapa. Sebelum dimasak, parutan ubi diperas lalu ditambah garam, kemudian dikukus sampai matang.
Jepa, berbentuk bulat pipih berwarna putih merupakan salah satu makanan pokok selain nasi bagi masyarakat setempat. Selain terbuat dari singkong, jepa kadang dibuat dari sagu. Teknik memasaknya cukup sederhana dan unik. Adonan jepa dimasak di atas alat masak berbentuk seperti piring tembikar tanpa menggunakan minyak. Untuk jepa yang terbuat dari singkong, adonannya ditambah parutan kelapa. Karena terbuat dari singkong atau sagu, jepa terasa sedikit kenyal. Tidak ada tambahan bumbu atau garam di dalam adonannya, sehingga jepa terasa hambar jika disantap begitu saja. Jepa lebih cocok dimakan menggunakan ikan masak. Ikan masak adalah masakan khas yang menyerupai sup. Ikan yang digunakan bisa beragam.
Source http://kulinerbangsakoe.blogspot.com/ http://kulinerbangsakoe.blogspot.com/2018/03/menikmati-lezatnya-ikan-asap-di-warung.html
Comments
Loading...