Warung Gonjleng Cilegon

Warung Gonjleng

Untuk warga Banten khususnya kota Cilegon pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rabeg. Rabeg merupakan salah satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda sedang berlibur di Cilegon ataupun Serang. Salah satu warung yang menjualnya yaitu Warung Gonjleng, yang terletak tepat di depan Hotel Cilegon.

Kuliner satu ini memang menjadi salah satu menu andalan jika sedang diadakannya acara-acara adat masyarakat Banten seperti acara pernikahan. Karena menurut kepercayaan masyarakat Banten khususnya warga Cilegon, Rabeg menjadi salah satu menu istimewa yang telah ada sejak masa kepemimpinan Sultan Hasanuddin Banten.

Makanan ini paling enak disantap dengan nasi uduk ditambah dengan emping tak lupa acar timun yang membuat makanan ini semakin terasa lezat dan menggugah selera. Bumbu yang digunakan untuk Rabeg sebenarnya cukup sederhana dan mudah ditemukan. Cara mengolahnya pun tidak rumit. Bumbunya antara lain  bawang merah, bawang putih, lada putih, cabai rawit, pala, lengkuas, jahe, serai, daun salam, dan kecap manis. Bumbu-bumbu tersebut cukup dirajang, kemudian ditumis.

Ada juga yang menambahkan kayu manis sehingga aroma rempah masakannya lebih kaya. Sebelum diolah, jeroan atau bagian kambing yang lain direbus terlebih dulu dalam rebusan air lengkuas. Lengkuas di sini berfungsi untuk menetralisir bau prengus kambing. Selain lengkuas, bisa juga menggunakan daun salam dan serai. Proses perebusan ada dua kali. Perebusan pertama untuk mengempukkan jeroan sekaligus menghilangkan bau dan menyingkirkan lemak yang terangkat ke permukaan kaldu. Untuk menikamati sepiring rbeg ini, anda hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000. Selamat mencoba.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-banten/rabeg-menu-istimewa-favorit-sultan-banten.html
Comments
Loading...