Warung Jerman Bali

Warung Jerman Bali

Warung Jerman yang terletak di Jl. Raya Puputan no.206, Renon, Denpasar.  Tentu menu makanan yang tersedia merupakan makanan khas Jerman atau warung ini milik orang jerman. Tapi ternyata warung ini benar-benar menyediakan menu makanan khas Bali, sedangkan kata “Jerman” hanyalah sebuah akronim dari “Jeruk Manis” saja. 

Warungnya tak begitu luas dengan dindingnya terbuat dari setengah batu-bata dan setengahnya lagi kayu yang dipasang tidak rapat. Di kayu-kayu tersebut terpasang berbagai macam menu makanan yang dapat dipesan oleh para pengunjungnya. Ada sager/be jeruk, ayam panggang sambel matah, jukut urap, tipat bungkul, ayam panggang, tum ayam, ayam bakar, tipat kuah ayam, dan nasi campur ayam. Sementara untuk minumannya ada es campur jerman, es jeruk, es daluman, es teh, dan kopi Bali. Tak hanya itu dibagian dinding ini juga terpasang beberapa buah foto pemilik warung bersama orang-orang terkenal yang pernah mampir kesini. Dari sekian foto tersebut, ada sebuah foto Pak Bondan Winarno yang terkenal akan kata “Mak Nyusss” nya.

Warungnya cukup bersih dan meja serta kursi terpasang dengan rapi. Seporsi tipat kuah ayam terdiri dari setusuk sate lilit, tipat (ketupat), setengah butir telur ayam rebus, sambal, ayam goreng, ayam betutu, sayur, dan tum ayam (dalam bahasa jawa sama dengan bothok), serta ada tambahan semangkok sup ayam yang berisi setengah. Lalu bagaimanakah dengan rasanya? Berhubung menu yang diunggulkan disini adalah minuman jeruk manisnya, rasanya sangat manis dan khas. Tidak beda jauh sieh sama minuman jeruk manis pada umumnya, cuman kadar jeruknya saja yang lebih kental.
Sekarang pindah pada tipat kuah ayamnya. Sama seperti sate lilit pada umumnya, rasa sate lilit ini cukup lembut dan empuk di mulut. Begitupula dengan daging ayam dan tipatnya. Sayurnya segar dan lengkap sudah dengan hadirnya sambal yang sangat pedas serta ayam goreng yang terasa kriuk-kriuk begitu mendarat di mulut. Tak ketinggalan juga pada sup ayamnya, rasa kuah ayamnya itu mirip dengan rasa kuah pada bakso yang diberi tambahan seledri dan bawang goreng. Untuk dagingnya juga enak.
Rasa yang enak sepadan dengan harga yang harus bayarkan. Semuanya dihargai 37 K saja. Gimana, tertarikkah sobat untuk mencicipinya? Warung ini terletak sangat strategis di pusat kota dekat perkantoran sehingga mudah untuk ditemukan. Letaknya tidak jauh dari Patung Kapten Japa di Bunderan Renon, hanya sekitar 100 meter kearah barat saja. Jam buka warungnya dari pukul 8 pagi hingga sore hari jam 6 Wita.
Source http://www.anishidayah.com/ http://www.anishidayah.com/2017/11/warung-jerman-bali-ternyata-namanya.html
Comments
Loading...