Warung Makan Beta Rumah, Tempat Kuliner Enak di Kota Ambon Maluku

Rm Beta Rumah

Warung Makan Beta Rumah Maluku Ambon dikelilingi dengan pantai. Sehingga banyak ikan hingga bia. Tumis bia menjadi salah satu sajian khas yang wajib dicicipi di Ambon.

Mendengar kata Ambon, sudah pasti Anda akan berpikir akan Papeda. Padahal, Ambon punya banyak sajian khas yang sering dikonsumsi warga sehari-hari. Salah satunya tumis bia. Bia dalam bahasa Ambon adalah kerang hijau atau siput laut yang biasa hidup di batu-batu karang. Bia hijau banyak ditemui di sekitar pantai terutama di kawasan yang tumbuh banyak pohon mangrove.

Tak hanya hasil lautnya, tapi Ambon juga terkenal dengan penggunaan rempah yang kaya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya tanaman bumbu yang ditanam di setiap rumah masyarakat di Ambon.

“Tumis bia ini menjadi salah satu makanan yang jarang ditemui di kota. Tapi setiap biasa masak bia di rumah jadi tidak ada yang jualan. Karena semua orang Ambon bisa bikin,” jelas Amadea, anak dari pemilik RM Beta Ruma, Ambon.

Tumis bia memiliki rasa yang kuat dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, jinten dan ketumbar. Teksturnya kenyal, karena kerang hijaunya sudah direbus selama 1 jam. Uniknya, di Ambon tumis bia disajikan dengan singkong Ambon yang berwarna kekuningan dengan tekstur lembut dan rasa gurih butter yang enak.

Hal inilah yang membuat Dea dan keluarganya, tertarik untuk membuka usaha rumah makan Ambon. “Kalau makanan khas Ambon hanya disajikan di rumah, orang dari luar daerah tidak bisa mencoba. Dan akhirnya kami membuat rumah makan berkonsep buffet yang isinya makanan Ambon,” jelas wanita cantik berusia 20 tahun ini.

Selain tumis bia, papeda ikan kuah kuning, pare ikan kenari, acar kenari hingga ikan asar masa paleo jadi salah satu menu Andalan di rumah makan yang sudah berdiri sejak 2013 silam.

“Pare ikan kenari ini dibuat dengan pare yang tengahnya diisi dengan adonan ikan cakalang yang dicampur dengan kacang kenari kemudian dikukus dan dicampur dengan kuah santan gurih,” jelasnya.

Sedangkan, Dea juga menambahkan bahwa ada juga ikan asar masak paleo yang khas di Ambon. “Paleo artinya prosesnya lama. Jadi ikan cakalang di asar (asap) hingga kering. Kemudian di suwir dan digoreng terus dimasak dengan rempah, santan dan belimbing wuluh,” ungkap Dea.

Bagi Anda yang penasaran dengan kelezatan masakan Ambon. Anda bisa mampir ke rumah makan ini. Yuk, cicip keanekaragaman kuliner dari Ambon Manise. “Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia.”

Rumah Makan Beta Rumah

Jln. Said Parintah No. 51

(Samping Rumah Kopi Sibu-sibu)

Ambon, Maluku

Source pegimakan.id www.detik.com
Comments
Loading...