Warung Mi Banglades Aceh

Salah satu jajanan yang paling mudah ditemukan di Lhokseumawe adalah mi aceh. Meskipun dijajakan hampir di tiap warung makanan, tetap saja peminatnya selalu ramai. Salah satunya adalah Warung Mi Banglades.

Banglades itu diambil dari kepanjangan Abullah Delima Sigli, identitas pemilik warung yang kini sudah almarhum. Warung ini sudah ada sejak tahun 1977. Kini pengelolaannya diteruskan oleh salah satu pewarisnya Halimah, yang sudah generasi ke 3.

Warung Mi Banglades menyediakan mi, kari kambing, sup sapi, martabak dan tentu saja kopi. Martabak berikut roti cane pemiliknya berbeda, yang juga sudah dua generasi. Suatu yang unik di kedai mi di Lhokseumawe adalah selalu menyandingkan gerai mi aceh dengan martabak.

Ada 3 rasa mi aceh yang menjadi favoritnya mi Banglades, yaitu mi rebus, mi basah dan mi goreng. Tiap harinya mereka menyediakan 70 kilogram mi dan biasanya ludes dalam satu hari. “Kami mengolah bumbu dan mi sendiri. Tidak dipesan di luar,” terang Halimah.

Mi aceh memiliki rasa yang sungguh lezat, perpaduan bumbu dan rempah belasan jenis. Tidak hanya itu, citarasanya bertambah mantap karena ketika proses pemasakan tidak menggunakan air biasa, tapi juga air kaldu sapi yang diolah serupa sup. “Di samping menggunakan potongan daging sapi, kita juga memanfaatkan kaldu sapi untuk semakin menajamkan rasa,”ujar Halimah.

Seporsi mi aceh Banglades dijual Rp8.000.Martabak juga tidak kalah terkenalnya. Nasruddin, pemilik Martabak Banglades mengakui martabak yang dijualnya berbeda dengan martabak aceh lainnya. “Ada campuran resep martabak India di sini,” paparnya.Baik itu pada pemberian bumbu, juga sayur yang digunakan di dalamnya. “Kita pakai kentang yang sudah dimasak kari. Kentangnya sudah dihaluskan,” imbuhnya.Ketika martabak dibuat, kentang bersama daun seledri dan daun bawang dicampur ke dalam telur, selanjutnya di dadar di atas pan besi.

Martabak Banglades berukuran agak tebal. Martabak disantap bersama acar, bawang merah dan cabai rawit. Berikut juga dengan roti cane. Ada suatu kebiasaan yang unik di tempat ini adalah memadukan roti cane dangan kuah kari kambing. Per porsi martabak dijual Rp8.000, roti cane Rp3.000. Kari kambing Rp25 ribu per porsi. Warung Mi Banglades berlokasi di Pusong Baru, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh ini buka pukul 11 siang dan tutup hingga pukul 10 malam. 

Source https://www.goaceh.co/home/ https://www.goaceh.co/berita/baca/2016/10/13/warung-mi-banglades-mi-aceh-paling-populer-di-lhokseumawe#sthash.TR66T3oW.dpbs
Comments
Loading...