Warung Nasi Blayu Kuliner Murah dan Lezat

Warung Nasi Blayu Kuliner Murah dan Lezat

Kalau Anda pergi ke Bali dengan uang yang pas-pasan namun ingin mendapatkan kuliner untuk bersantap yang ajib, maka bisa disiasati dengan menajajal beragam kuliner yang dihidangkan di Warung Nasi Blayu ini. Warung Nasi Blayu berada di Banjar Gunung Siku, Mengwi, Pulau Bali.

Warung nasi yang dikenal sebagai warungnya para sopir taksi ini memang lumayan banyak dikenal di kalangan masyarakat sekitar sebagai warung makan yang menunya lengkap, lezat dan harganya murah. Warung nasi sederhana ini berada di Denpasar dan cukup mudah untuk menemukannya karena selain sopir taksi banyak juga penduduk sekitar yang mengenalnya. Warung nasi ini sudah mulai buka dari jam 10.00 pagi sampai jam 14.00 siang saja (itupun waktu paling lambat). Bayangkan saja hanya dalam waktu 4 jam saja sekitar 200 porsi nasi sudah ludes. Karena itu rentang waktu dari buka ke tutupnya begitu cepat.

Dalam sepaket nasi Sambal Bejek Belayu, kita akan disuguhkan sepiring nasi yang berisi ‘tum’ (sejenis pepes) ayam, semangkok sup sayur hijau berkuah bening dengan taburan kecambah, dan tentunya semangkuk Sambal Bejek Belayu. Ya, Sambal Bejek Belayu adalah primadonanya, sementara menu lainnya hanya pelengkap dalam paketnya. Apa uniknya sambal bejek ini?

Sekilas Sambal Bejek Belayu mirip dengan sambal matah Bali. Sekilas kita juga bisa mengira ini sambal bongkot Bali. Seperti halnya sambal bongkot Bali, Sambal Bejek juga menggunakan bahan dasar bongkot (kecombrang). Bongkot yang digunakan adalah kuncupnya yang berwarna merah muda itu. Cabai, irisan bawang merah, garam bergabung dalam adonan bongkot. Menariknya, di dalam Sambal Bejek tersebut tidak dilumuri minyak kelapa sedikit pun, beda dengan sambal matah. Uniknya, bukan hanya bumbu pedas yang dimasukan dalam adonan tersebut, ternyata ada suwiran ayam goreng di dalamnya. Keunikan tersebut belum terhenti, sampai seluruh bahan-bahan tersebut dibejek dengan menggunakan tangan dan diaduk hingga rasanya menjadi kesatuan utuh. Inilah yang membuat hidangan itu dinamakan Sambal Bejek.

Tekstur dan aroma harum bongkot benar-benar meresap dalam suwiran ayam tersebut. Anehnya, Anda tidak seperti menikmati sambal bongkot, karena perpaduan bumbu usai dibejek tersebut menciptakan cita rasa baru. Sensasi pedasnya pun tidak terlalu meletup-letup, masih berada dalam kategori ‘aman’ bagi Anda yang tidak maniak pedas. Untuk bisa menyantap sepaket nasi Sambal Bejek Blayu, Anda cukup merogoh kocek Rp 10.000. Untuk minuman, Anda bisa memesan es teh atau es jeruk seharga Rp 3000.

Indah panorama hijau Desa Belayu dengan atmosfer sejuk dan rindang khas Tabanan turut menjadi pelengkap kenikmatan dari suguhan segar Sambal Bejek Blayu. Seiring dengan perjalanan waktu, warung ini semakin banyak saja pelanggannya dimana pelanggannya sudah bukan warga sekitar dan sopir taksi saja, namun juga para penggila kuliner dari luar kawasan Warung Nasi Blayu ini.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bali/warung-nasi-blayu-kuliner-murah-dan-lezat.html
Comments
Loading...